Lebaran Kali Ini, UGD 10 Puskesmas Buka 24 Jam

Ilustrasi. - Reuters
28 Mei 2019 17:02 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 10 puskesmas di Kulonprogo akan siaga 24 jam untuk menanagani kesehatan para pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. Sisanya akan buka hingga pukul 20.00 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Ananta Kogam Dwi Korawan mengungkapkan puskesmas tersebut disiagakan 24 jam karena berada di jalur mudik dan balik Lebaran serta memiliki fasilitas rawat inap.

Langkah ini ditempuh sebagai upaya pelayanan sekaligus pengendalian risiko kesehatan selama Lebaran 2019. Meski buka 24 jam, layanan yang akan diberikan kepada pasien baik itu yang berobat maupun rawat inap tetap seperti hari-hari biasa.

Sebanyak delapan rumah sakit umum negeri dan swasta juga akan menerapkan hal serupa. Selain mengoptimalkan layanan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit, Dinkes bakal membuka posko kesehatan di Terminal Wates.

“Posko ini terbuka untuk seluruh kalangan. Tak hanya para pemudik maupun sopir angkutan Lebaran tetapi juga para petugas pengamanan Lebaran,” ungkapnya, Senin (27/5/2019).

Terkait dengan keberadan posko Lebaran, Kepala Dinas Perhubungan Kulonprogo, Bowo Pristiyanto, mengatakan pembangunan posko sudah dilakukan sejak kemarin. Nanti mulai beroperasi pada H-7 hingga H+ Lebaran.

Di posko yang tersebar di beberapa titik termasuk di depan Kantor Dishub Kulonprogo tersebut menyediakan segala informasi bagi para pemudik, mulai dari informasi bengkel sampai klinik dan rumah sakit yang buka.

10 Puskesmas Buka 24 Jam
Temon I
Sentolo I
Galur II
Girimulyo II
Samigaluh I
Panjatan I
Panjatan II
Lendah I
Sentolo II
Samigaluh II

Rumah Sakit Disiagakan
Kharisma Paramedika
PKU Muhammadiyah Wates
Rizki Amalia Temon
RSUD Nyi Ageng Serang
ST Yusuf Boro Kalibawang
PKU Muhammadiyah Nanggulan
Pura Raharja Lendah

Sumber: Dinkes Kulonprogo (alu)