Libur Lebaran, Pembangunan YIA Dihentikan Sementara

Pesawat Citilink mendarat dalam penerbangan uji coba di Bandara Internasional Yogyakarta, Kamis (2/5/2019)./Harian Jogja - Desi Suryanto
31 Mei 2019 08:37 WIB Fahmi Ahmad Burhan & Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Mendekati Lebaran, aktivitas pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon yang dilaksanakan PT PP KSO berhenti total hingga 10 Juni 2019. Pasalnya, para pekerja mulai diliburkan dan pulang ke kampung halaman guna merayakan Hari Raya Idulfitri bersama keluarga.

"Mulai Kamis, 30/5/2019 sudah libur, pekerja kami fasilitasi mudik gratis menggunakan bus, ada empat bus, tiga ke arah timur dan satu lagi ke barat," kata Humas PT PP KSO, Nanang Hudi Riyanto, Kamis.

Pekerja yang ikut dalam program mudik bareng gratis ini sebanyak 163 orang. Mereka pulang ke sejumlah daerah antara lain Jepara, Kudus, Demak, Pati, Blora, Purwodadi, Cepu untuk bus ke arah timur dan Kebumen, Cilacap, Ciamis, Tasikmalaya, Purbalingga, Bandung dan Cianjur, untuk yang menumpang bus ke arah barat.

Setelah menikmati libur, aktivitas pembangunan YIA kembali dimulai 10 Juni. Nanang berharap di hari yang telah ditentukan, semua pekerja bisa langsung bekerja secara optimal guna mengejar target penyelesaian bandara pada akhir 2019.

Progres 52%

Untuk operasi minimum di YIA hingga saat ini sudah mencapai 52%. Manajer Proyek Pembangunan Bandara YIA, Taochid Purnomo Hadi mengatakan, 52% progres Bandara YIA meliputi selesainya sebagian airside dan terminal Bandara YIA. "Saat ini atap baja di terminal sudah terpasang. Flyover lantainya sudah dicor," ujar Taochid, Rabu (29/5/2019).

Ia mengatakan, bagian terminal merupakan bagian yang nantinya paling belakang selesai, karena perlu adanya detail dan penyelesaian interior di sisi-sisi terminal. "Kalau terminal sudah selesai baru difungsikan keseluruhan. Untuk terminal, saat ini pekerjaan atap baja sudah tertutup semua. Dari pesawat yang akan mendarat di YIA sudah bisa melihatnya, terminal tertutup semua," kata Taochid.

Untuk flyover sampai saat ini lantainya sudah dicor dan bentukan jalannya sudah mulai terlihat. Ketinggian flyover dari lantai sampai atas 15 meter dan langsung terhubung dengan area kedatangan.

Untuk operasi penuh Bandara YIA masih ditargetkan selesai di akhir 2019 agar di 2020 semua fasilitas di Bandara YIA beroperasi penuh. Saat operasi minimum berjalan, pembangunan Bandara YIA di beberapa bagian yang belum rampung tetap dikebut.