Pemudik yang Masuk Jogja Akan Dapat Info Parkir & Kemacetan Lewat SMS

Pemudik melintas di dekat Jembatan Bantar di perbatasan Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Bantul saat menuju kampung halaman mereka, Sabtu (1/6/2019). - Harian Jogja/Desi Suryanto
02 Juni 2019 22:07 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja akan menyebarkan banyak SMS secara acak atau SMS blast yang berisi berbagai macam informasi sehingga pemudik yang akan masuk ke Jogja mengetahui kondisi terkini.

“Seperti tahun lalu, kami siapkan SMS blast untuk pemudik. Ada bermacam-macam informasi yang akan kami sampaikan,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Jogja Tri Hastono, Minggu (2/6/2019).

Berbagai informasi tersebut meliputi kondisi di seputar Kawasan Malioboro, titik-titik parkir yang disediakan dan bisa dimanfaatkan wisatawan, dan juga imbauan untuk menghindari pusat kota jika tidak berkepentingan di Jogja agar tidak terjebak macet.

Tri Hastono mengatakan, pemudik akan memperoleh pemberitahuan atau informasi melalui SMS blast tersebut saat akan masuk ke Kota Yogyakarta, seperti di simpang Prambanan atau di pintu masuk sisi timur Yogyakarta, di Wirobrajan atau pintu masuk sisi barat dan di sekitar Jalan Magelang atau Muntilan yang berada di sisi utara.

“Jumlah sms yang akan kami sebarkan secara random tersebut cukup banyak. Kami akan sebarkan sms tersebut hingga 10 Juni,” kata dia.

Tri Hastono sudah bekerja sama dengan seluruh provider telepon selular sehingga informasi tersebut bisa tersebar lebih luas dan tidak terbatas untuk pengguna provider tertentu saja.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan Pemkot Jogja sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut pemudik seperti penyiapan pos kesehatan di pusat-pusat keramaian.

Sebanyak tiga posko kesehatan sudah disiapkan seperti di Teteg Malioboro, Tugu Yogyakarta dan Titik Nol Kilometer.

“Penyebaran informasi terkini untuk pemudik juga perlu dilakukan. Salah satunya informasi tentang lokasi parkir. Orang masuk ke Jogja sudah tahu akan parkir di mana sehingga mereka tidak berputar-putar mencari parkir. Ini yang terkadang membuat lalu lintas semakin padat,” katanya.

Heroe menambahkan, kepadatan lalu lintas di pusat Kota Jogja dan di sekitar lokasi wisata selama libur Lebaran tidak bisa dihindari.

“Akan lebih baik untuk menggunakan kendaraan umum. Harapannya, meskipun padat tetapi wisatawan tetap merasa aman dan nyaman,” katanya.

Sumber : Antara