Salat Id Lereng Merapi, 4 Truk Siaga Evakuasi

Pelaksanaan Salat Id di Lapangan Instiper, Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Rabu (5/6/2019).-Harian Jogja - Yogi Anugrah
05 Juni 2019 10:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemandangan Gunung Merapi yang berstatus Waspada menjadi sajian tersendiri bagi warga yang melaksanakan Salat Id di kawasan lereng Merapi, Lapangan Instiper, Rabu (5/6/2019).

Lapangan tersebut berada di wilayah Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan yang berjarak sekitar empat kilometer dari puncak Merapi. Wilayah paling dekat dengan jarak aman Merapi yang dibatasi tiga kilometer semenjak statusnya naik setahun lalu.

Ada pemandangan yang menarik pada pelaksanaan Salat Id tersebut, di sebelah timur Lapangan Instiper, terlihat empat kendaraan jenis truk yang disiapkan oleh Pemerintah Desa untuk mengevakuasi warga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


“Kami kan tinggal di wilayah rawan bencana, jadi setiap ada kegiatan yang melibatkan masyarakat harus menyediakan armada. Selain empat unit truk, di rumah-rumah warga juga ada truk yang bersiap, Karena status Merapi kan juga masih Waspada,” kata Kepala Desa Glagaharjo, Suroto, Rabu (5/6/2019).