Ke Jogja, Jokowi Ditemani Jan Ethes

06 Juni 2019 19:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Hari kedua lebaran, Jokowi mengisi hari liburnya dengan berkunjung ke Jogja, Kamis (6/6/2019). Dengan rombongan mobil keamanan, Jokowi tiba di Gedung Agung tepat pukul 16.00 WIB.

Di luar, pengunjung Malioboro yang telah mendengar akan kedatangan Jokowi sudah berdesakan di seberang jalan Gedung Agung sejak sekitar pukul 14.30 WIB. Sekitar 15 menit sebelum kedatangannya polisi telah menutup Jalan Malioboro.

Mobil rombongan Jokowi memasuki Jalan Malioboro dari sisi selatan, yakni titik nol kilometer. Setelah rombongan masuk semua ke halaman Gedung Agung, gerbang ditutup.

Sekitar 20 menit kemudian ia bersama cucunya, Jan Ethes menyapa media di halaman sisi selatan Gedung Agung. Saat ada wartawan mengucapkan selamat lebaran, ia menjawab dengan senyum, "ya, lahir batin," katanya.

Kedatangannya disambut Walikota Jogja, Haryadi Suyuti. Setelah bersalaman dan bertegur sapa, ia kemudian berjalan menemui warga di gerbang sisi selatan istana. Di sana banyak warga yang ingin menemuinya dan antre sembako.

Dalam kunjungannya kali ini ia memang membagikan sembako kepada sekitar 3.000 PKL dan tukang becak di Malioboro. Mereka diberi kesempatan untuk masuk satu per satu ke Gedung Agung.

Dari balik pagar ia menyapa dan menyalami sejumlah warga. Sekitar 10 menit kemudian ia masuk kembali ke halaman. Ia membiarkan Jan Ethes ditanyai wartawan dan bermain-main di halaman.

Di kejauhan, Jokowi terlihat berbincang dengan Haryadi, sebelum akhirnya ia masuk kembali ke dalam Gedung Agung. Menurut informasi kedatangan Jokowi ke Jogja ia hanya berlibur dan tidak ada acara khusus.