Favorit saat Lebaran, Wisata Songgo Langit Mangunan

Wisatawan menikmati keindahan Songgo Langit, Mangunan, Bantul, Kamis (6/6/2019).- Harian Jogja - Salsabila Annisa Azmi
06 Juni 2019 16:57 WIB Salsabila Annisa Azmi Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Arus pemudik mulai bergerak ke kawasan wisata di Bantul, Kamis (6/6/2019). Salah satu kawasan wisata favorit pemudik adalah kompleks Songgo Langit Mangunan yang memiliki belasan titik foto.

Salah seorang pemudik sekaligus wisatawan asal Kebumen, Jawa Tengah, Widati, 45, mengatakan Songgo Langit merupakan paket lengkap. Pasalnya, hanya datang ke satu lokasi, dia sudah bisa mengunjungi banyak titik foto atau wisata. Contohnya seperti Rumah Hobbit, Rumah Kayu, Flying Fox dan Jip Mangunan.

“Saya sudah lihat di peta, lokasi ini juga paling awal dari kawasan wisata Mangunan. Selain itu, Songgo Langit enggak terlalu jauh dari objek wisata Sukorame yang ada sawah-sawahnya itu,” ucap Widati, Kamis.

Kasatbinmas Polres Bantul AKP Partuti Wijayanti mengatakan Songgo Langit memang menjadi favorit pemudik untuk berlibur. Rata-rata mereka adalah pemudik asal Wonogiri atau Jawa Timur.

Kepopuleran Songgo Langit terlihat dari keramaian kendaraan di kompleks parkir Songgo langit dan antrean masuk kendaraan ke dalamnya. “Akan terus kami pantau keramaiannya, kalau terjadi macet kami urai,” tuturnya.

Partuti mengatakan puncak kepadatan jalur wisata diprediksi terjadi pada H+3 Lebaran. Selanjutnya keramaian jalur wisata akan terus terjadi selama seminggu ke depan. Partuti mengimbau pemudik agar selalu mempersiapkan kendaraan mereka sebelum melalui tanjakan jalur wisata Desa Mangunan.