Senyum Bahagia Penghuni Rutan di saat Lebaran

Warga binaan dan petugas Rutan Kelas IIB Wates saat mendengarkan kotbah dalam Salat Id di halaman dalam Rutan Kelas IIB Wates, Rabu (5/6/2019).- Harian Jogja - Ist
06 Juni 2019 19:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sejumlah warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates yang mendapatkan pengurangan masa tahanan atau Remisi Khusus (RK) Hari Raya dan bisa bertemu dengan keluarga di hari raya tak bisa menyembunyikan senyum kebahagiaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto mengatakan pada hari pertama kunjungan hari raya, sebanyak 205 orang datang dari berbagai wilayah. “Ratusan orang mengunjungi 49 warga binaan yang ada di dalam rutan,” ungkapnya, Kamis (6/6/2019).

Deny menjelaskan selama hari Lebaran pertama pada Rabu (5/6/2019) hingga Lebaran hari kedua, Rutan Kelas IIB Wates membuka kunjungan warga binaan. Waktu yang disediakan pun lebih lama, yakni sekitar 30 menit.

Kunjungan biasa di rutan itu hanya sekitar 15 menit. Namun, waktu kunjungan hari raya lebih lama. Dimungkinkan waktu 30 menit bertambah dengan melihat kondisi yang ada.

Pada kunjungan di hari raya Idul Fitri, kata Deny, jajarannya juga memberi kemudahan tersendiri bagi para kerabat warga binaan. Di antaranya bagi penjenguk tahanan yang biasanya harus mendapatkan izin dari instansi penahan, kini hanya diminta menunjukkan identitasnya.