Lampu Bangjo Sengaja Diabaikan Demi Mengatasi Kemacetan

Tumpukan kendaraan dari Simpang Tembi hingga Pasar Seni Gabusan, Jumat (7/6/2019). - Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi.
07 Juni 2019 20:17 WIB Salsabila Annisa Azmi Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Dinas Perhubungan Bantul melakukan penarikan arus mudik secara manual dari Simpang Bakulan hingga Simpang Tembi untuk menghindari penumpukan kendaraan yang terjadi di tiap simpang Jalan Parangtritis, Jumat (7/6/2019). Akibatnya akan terjadi penumpukan kendaraan dari arah Selatan pada Simpang Tembi hingga Pasar Seni Gabusan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bantul, Agus Jaka Sunarya, mengatakan lampu APILL di tiap simpang mulai dari simpang Bakulan hingga Tembi sengaja diabaikan. Pihaknya menerjunkan personel untuk mengarahkan pemudik menembus APILL hingga simpang Tembi. "Ini supaya enggak numpuk di tiap perempatan," kata Agus .

Agus mengatakan kepadatan mulai terlihat setelah pukul 12.00 WIB. Hingga kini pihaknya belum mengetahui kapan penarikan arus akan selesai. Pasalnya kepadatan tiap simpang di Jalan Parangtritis diprediksi selesai pada hari Minggu (9/6/2019).

Agus mengimbau para pemudik tetap berhati-hati dan menjaga stamina agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Agus juga meminta para pemudik untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan dari personil pengatur lalu lintas.