Ikut Saudara yang Kembali ke Kota, Warga Kulonprogo Bawa Bekal Kartu AK1

Kondisi ruang pelayanan AK1 di Kantor Disnakertrans Kulonprogo, Kecamatan Wates, Senin (10/6/2019). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
10 Juni 2019 15:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Pelayanan kartu pencari kerja atau biasa disebut AK1 di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo, ramai dikunjungi masyarakat pada hari pertama operasi usai libur Lebaran 2019. Terjadi kenaikan jumlah pengajuan kartu meski tidak terlalu signifikan.

Kepala Bidang Pengembangan Dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans Kulonprogo, Susilo, mengatakan dibandingkan hari-hari sebelumnya, jumlah warga yang mengajukan AK1 di kantornya mengalami peningkatan. Hingga Senin (10/6/2019) siang, ada sedikitnya 12 pemohon.

"Memang ada peningkatan, kalau hari-hari biasa mungkin di bawah 10 orang, tapi ini masih tergolong sedikit, kalau pas musim lulusan sekolah atau ada penerimaan CPNS bisa sampai ratusan," ujar Susilo, Senin siang.

Para pemohon rata-rata menggunakan AK1 sebagai syarat bekerja di sejumlah perusahaan yang telah membuka lowongan sebelum lebaran. Salah satunya adalah perusahaan elektronik di Batam.

"Memang ada yang khusus datang untuk ikut seleksi di perusahaan Batam, ada juga yang sengaja datang ke sini untuk mengurus AK1 guna bekerja di tempat saudaranya sembari balik mudik," papar Susilo.

Salah satu warga asal Kecamatan Kokap, yang datang mengantarkan anaknya mengurus AK1, Basari mengatakan sengaja datang di hari pertama opersional untuk mengejar syarat penerimaan kerja di salah satu perusahaan di Batam. "Rencananya mau kerja di perusahaan elektronik, Alhamdulillah tadi langsung dilayani dan tidak antri," kata dia.

Selain melayani pengurusan AK1, Disnakertrans turut menyediakan iklan lowongan kerja dari berbagai perusahaan. Dari pantauan di lokasi, banyak warga yang secara bergiliran melihat iklan yang terpampang di papan pengumuman kantor tersebut. Disnakertrans juga mengumumkan iklan lowongan kerja di Website, sosial media dan aplikasi LowkerKu.