LIBUR LEBARAN : 54.000 Pelancong Menjajal Wisata Jeep Lava Tour

Lava tour Merapi. - Harian Jogja
12 Juni 2019 21:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Selama libur Lebaran Idulfitri 1440 Hijriah sejumlah objek atau destinasi wisata di Kabupaten Sleman dibanjiri kunjungan wisatawan. Terhitung sejak dibukanya wisata Jeep Lava Tour setelah salat Idulfitri hingga Minggu (9/6/2019) total kunjungan mencapai 54.000 pengunjung.

Ketua Asosiasi Jeep Sisi Barat Dardiri mengatakan jika jumlah kunjungan pengunjung jip tahun ini tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan momen libur Lebaran tahun lalu. "Jumlah pengunjung momen Lebaran tahun ini hampir sama dengan tahun lalu," kata Dardiri kepada Harianjogja.com, Rabu (12/6/2019).

Dardiri mengatakan, kebanyakan wisatawan sendiri justru didominasi dar luar daerah. Antara lain, Jawa Barat, Jakarta, dan Jawa Timur.

"Untuk wisatawan lokal juga ada tapi didominasi dari luar kota," katanya.

Dia mengatakan, total jip untuk menghadapi momen libur lebaran tahun ini kurang lebih ada 950 armada yang bergerak.

Terkait dengan insiden, Dardiri mengatakan jika pada momen lebaran tahun ini tercatat nihil angka kecelakaan. "Karena setelah ada kejadian tahun lalu kita makin gencar untuk mengecek armada masing-masing dan juga sudah dibekali pelatian dari dinas terkait," tutupnya.

kebijakan Pemda dan pemanduan wisata oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Peraturan berkendara di jalan raya oleh  Polres Sleman, Persyaratan dan teknik berkendara off-road dan safety drive dari (IOF). 

"Penanganan situasi darurat di jalan, teknik dan praktek scrooting kendaraan, dan teknik dan praktek berkendara dan pemanduan juga kami berikan kepada mereka," tutupnya.