Ini Caleg PDIP yang Digadang-gadang Jadi Ketua DPRD Bantul

Ketua DPC PDIP Kabupaten Bantul Aryunadi didampingi Oleh Komandan Polisi Kapolsek Kabupaten Bantul Munawar menyampaikan hasil pembuatan BAP kepada simpatisan PDIP dan kepada awak media pada Senin (25/2) pukul 14.30 WIB. - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
13 Juni 2019 19:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bantul, Aryunadi digadang-gadang bakal menggantikan Hanung Raharjo sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul periode 2019-2024.

Berdasarkan hasil perolehan suara dalam pemilu 2019 April lalu, PDIP memperoleh suara terbanyak bahkan jauh melampaui partai lainnya. Total suara yang diperoleh partai berlambang moncong putih tersebut sebanyak 137.399 suara. Sementara berdasarkan hasil perhitungan sementara kursi berdasarkan perolehan suara, PDIP berhak mendapatkan 11 kursi. Dengan perolehan kursi terbanyak, maka otomatis mendapatkan jatah pimpinan dewan.

Wakil Ketua Bidang Kemunikasi Politik DPC PDIP Bantul, Endro Sulastomo mengatakan sesuai aturan partai pemenang berhak memperoleh kursi pucuk pimpinan Dewan. Siapa yang akan duduk di kursi ketua Dewan? Endro mengaku masih membahasnya dalam rapat internal partai. Namun ia tidak menampik sosoaknya sudah bisa diketahui berdasarkan aturan internal partai.

Ia mengatakan dalam aturan tertulis di DPC PDIP, pengurus inti dari ketua, sekretaris, dan bendahara jika mencalonkan diri menjadi anggota DPRD bantul dan terpilih maka berkesempatan untuk menduduki kursi pimpinan, dari pimpinan Dewan sampai pimpinan alat kelengkapan dewan. “karena Ketua DPC mencalonkan diri dan terpilih maka otomatis [dicalonkan] jadi Ketua DPRD, itu secara otomatis sudah diatur partai,” kata Endro, saat ditemui di DPRD Bantul, Kamis (13/6/2019).

Ketua DPC PDIP Bantul saat ini dijabat oleh Aryunadi. Saat bersamaan Aryunadi lolos sebagai Anggota DPRD Bantul periode 2019-2024, “Pak Aryun otomatis Ketua DPRD,” tegas Endro yang juga ketua Fraksi PDIP di DPRD bantul periode 2014-2019.

Namun demikian untuk diajukan ke Dewan nama Aryunadi, PDIP masih menunggu penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul. Soal kesiapan, Endro meyakini Aryunadi siap karena sudah menjadi aturan partai.

Sementara itu, Aryunadi saat dimintai tanggapannya soal kesiapan dicalonkan menjadi Ketua DPRD Bantul mengaku masih menunggu proses. Ia mengatakan secara formal partai belum memutuskan siapa yang ditunjuk untuk menduduki jabatan pucuk pimpinan Dewan Bantul, “Mohon doanipun. Siapa-siapanya itu keputusan DPP Partai,” kata Aryunadi.

Adapun Hanung Raharjo, enggan mengomentari terkait suksesi calon ketua DPRD Bantul. Ia merasa bukan pengurus inti di DPC maupun di fraksi sehingga merasa tidak pas untuk memberikan penjelasan. Diketahui Hanung Raharjo menjadi ketua DPRD Bantul sejak Oktober 2014 lalu sampai sekarang. Dalam pemilu 2019 ia kembali mencalonkan diri jadi anggota DPRD Bantul dari daerah pemilihan Dlingo, Pleret dan Imogiri dan terpilih kembali.

Selain Aryunadi dan Hanung Raharjo, Caleg PDIP yang lolos menjadi anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 adalah Pramudiananto Indratriatmo, PDIP - Yuni Astuti, Endro Sulastomo, Dwi Kristianto, Pambudi Mulyo, Anton Wahono, Sugeng Sudaryanto, dan Timbul Harjono.