Lebaran Usai, Harga Sembako di Gunungkidul Berangsur Turun

Pembeli memilih bawang putih di salah satu kios sembako di Pasar Argosari, Wonosari. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
13 Juni 2019 21:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sepekan pasca-Lebaran, harga sejumlah komoditas di sejumlah pasar tradisional di Gunungkidul mulai turun. Harga bawang putih yang sebelumnya sempat meroket mencapai 48.000 per kilogram, kini turun di kisaran Rp36.000. Harga daging ayam broiler yang sebelumnya mencapai Rp45.000, kini turun menjadi Rp36.000.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, harga bawang putih pada awal Juni masih berada di kisaran Rp40.000 per kilogram. Sepekan pasca-Lebaran, harga terus turun dan kini stabil di kisaran Rp36.000 per kilogram. Penurunan harga tak lepas dari adanya gelontoran 30 ton bawang putih yang dilakukan Pemda DIY.

Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Virgilio Soriano, mengatakan setelah Lebaran, harga kebutuhan pokok mulai stabil. Disperindag menggelar survei setiap hari di sejumlah pasar tradisional untuk memantau pergerakan harga, baik kenaikan maupun penurunan harga bahan pokok. "Dari hasil pemantauan yang kami lakukan, harga cenderung stabil dan tidak terlalu fluktuatif," ucapnya, Kamis (13/6/2019).

Virgilio membenarkan stok bawang putih yang ada di pasaran mencukupi sehingga perlahan-lahan harganya mulai turun. Terlebih, saat ini masih bulan Syawal di mana masih banyak masyarakat yang menggelar hajatan. Prediksi penurunan harga bawang putih pasca-Lebaran benar-benar terbukti. "Sesuai prediksi, harga beberapa komoditas terutama bawang putih turun setelah Lebaran. Pemerintah terus berupaya menstabilkan harga," katanya.

Dijelaskan Virgilio, selama ini para pedagang mengambil stok bawang putih di Pasar Beringharjo, Kota Jogja, kemudian dijual kembali ke sejumlah pasar tradisional di Gunungkidul. Untuk harga beras, daging ayam, cabai, dan telur terpantau stabil. "Harga beras premium per kilogram Rp12.000, daging ayam broiler Rp36.000, cabai rawit sekitar Rp20.000, dan telur ayam kampung Rp2.400 per butir," katanya.

Seorang pedagang di Pasar Argosari, Kecamatan Wonosari, Kasmi, mengatakan harga bawang putih ukuran kecil saat ini berkisar Rp27.000 per kilogram. Sedangkan harga bawang merah ukuran besar dan kecil harganya berbeda. "Untuk ukuran besar sebelum Lebaran sekitar Rp30.000 saat ini turun menjadi Rp27.000, dan bawang merah ukuran kecil dari saebelumnya Rp20.000 kini turun menjadi Rp15.000," ujarnya. Untuk harga telur ayam kampung, Kasmi menyatakan saat ini harga justru naik. "Per butirnya naik Rp200 dari Rp2.200 menjadi Rp2.400," katanya.