Advertisement

Ombak Tinggi, Sudah Sepekan Nelayan di Pantai Depok Tidak Melaut

Fahmi Ahmad Burhan
Jum'at, 14 Juni 2019 - 21:07 WIB
Nina Atmasari
Ombak Tinggi, Sudah Sepekan Nelayan di Pantai Depok Tidak Melaut Kapal milik nelayan tidak digunakan melaut selama ombak tinggi di Pantai Depok pada Kamis (13/6/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-- Kondisi cuaca dan ombak yang tinggi membuat nelayan di Pantai Depok tidak melaut selama sepekan. Diperkirakan nelayan akan mulai melaut lagi pada Sabtu akhir pekan ini.

Salah satu nelayan di Pantai Depok, Gendek mengatakan ombak tinggi terjadi dari Senin (10/6/2019). "Nelayan dapat lihat informasi sekarang di handphone. Ada informasi dari Pangandaran dan Cilacap gelombang tinggi," ujarnya pada Kamis (13/6/2019).

Advertisement

Ia mengaku untuk antisipasi ombak tinggi tersebut, nelayan di Pantai Depok tidak ada satu pun yang melaut dari Senin. Sebagian nelayan yang dari Cilacap bahkan mudik ke kampung halamannya.

Menurutnya, tiap bulan mesti ada satu dua hari ombak yang tinggi dan membuat nelayan tidak melaut. "Kemungkinan akan melaut lagi Sabtu," ungkap Gendek. Ia mengaku selama tidak melaut ia memanfaatkan waktunya untuk menjaga parkir di wilayah Pantai Depok.

Nelayan di Pantai Depok lainnya, Sunarto mengatakan, nelayan di Pantai Depok sebelum ombak tinggi banyak mendapatkan tangkapan jenis ikan layur dan bawal. Biasanya nelayan mulai melaut dari malam sampai pulang dini hari. Selain itu juga, ada juga nelayan yang berangkat dari pagi hari pulang siang.

"Tangkapan paling banyak itu kalau malam hari, bisa dapat jutaan. Kalau pagi paling dapat Rp300.000. Tapi tidak tentu," tutur Sunarto.

Selain melaut, di Pantai Depok juga dimanfaatkan untuk menjaring wisatawan. Ada beberapa tempat yang digunakan untuk berfoto dan juga ATP yang disewakan untuk mendapatkan penghasilan nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement