Advertisement

LIBUR LEBARAN : Pelancong yang Berwisata ke Bantul Menurun, Ada Apa?

Ujang Hasanudin
Jum'at, 14 Juni 2019 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
LIBUR LEBARAN : Pelancong yang Berwisata ke Bantul Menurun, Ada Apa? Wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Sabtu (16/6/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata Bantul mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran sampai H+8 ini mencapai 291.341 orang. Jumlah kunjungan wisatawan yang terhitung 1-13 Juni 2019 menurun jika dibandingkan kunjungan wisatawan pada liburan lebaran tahun lalu.

“Kalau dibandingkan dengan liburan Lebaran tahun lalu jumlah wisatawannya memang menurun sedikit tapi pendapatannya meningkat karena ada kenaikan retribusi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, saat dihubungi Jumat (14/6/2019).

Advertisement

Jumlah kunjunan wisatawan pada libur Lebaran Idulfitri 2018 mencapai 323.848 orang yang terhitung hanya sembilan hari sejak 14-23 Juni 2018. Jumlah tersebutpun melebihi dari target sebanyak 300.000 orang wisatawan.

Menurut Kwintarto penurunan jumlah kunjungan wisatwan tersebut dikarenakan libur Lebaran tahun ini tidak bertepatan dengan liburan sekolah. Berbeda dengan tahun lalu yang hampir bersamaan dengan libur sekolah sehingga banyak pemudik atau masyarakat yang berlibur bersama keluarga termasuk anak-anak sekolah.

Sementara tahun ini setelah libur dan cuti Lebaran selesai, sebagian anak-anak sekolah sudah masuk sekolah dan baru akan libur pada Juli mendatang. Ia meyakini jumlah kunjungan wisatawan akan kembali membeludak pada Juli mendatang bersamaan dengan liburan sekolah. “Juli pasti meningkat lagi,” kata Kwintarto.

Kwintarto menegaskan angka kunjungan wisatawan yang tercatat selama liburan Lebaran tersebut merupakan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Dinas Pariwisata seperti Parangtritis dan sekitarnya, Samas, Goa Cemara, Pandansimo, Kuwaru, Goa Selarong, dan Goa Cerme. Belum termasuk objek wisata yang dikelola masyarakat dan instansi lain seperti di kawasan Mangunan dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement