Advertisement

Atasi Krisis Air, BPBD Bantul Pasang Alat Pemanen Hujan

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Sabtu, 15 Juni 2019 - 16:37 WIB
Sunartono
Atasi Krisis Air, BPBD Bantul Pasang Alat Pemanen Hujan Ilustrasi. - Reuters/Mike Hutchings

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL –  BPBD Bantul akan melancarkan uji coba pemasangan tiga alat sederhana yang berguna untuk memanen air hujan pada 2019 ini. Alat tersebut diharapkan mampu menjadi solusi kekeringan pada musim kemarau.

Kepala Pelaksana BPBD Bantul Dwi Daryanto menyampaikan alat tersebut berupa penampungan yang masing-masing berisikan sepuluh liter air. Sedangkan sistem kerjanya bagaikan penampungan untuk memanen air hujan.

Advertisement

“Alat ini akan kami pasang di tiga lokasi yaitu di Kecamatan Piyungan, Dlingo dan imogiri. Lebih tepatbya akan kami letakan di fasilitas umum seperti masjid besar yang daerahnya terdampak kekeringan, kami memang prioritaskan tempat-tempat seperti itu dulu,” katanya Jumat (14/6/2019).

Ia juga menjelaskan lebih detail bahwa air hujan yang jatuh melalui atap rumah akan disalurkan menuju alat penampungan tersebut. “Tapi pada saat penyaluran itu ada proses penyaringan sehingga ketika airnya masuk bak sudah dalam keadaan bersih dan siap untuk digunakan,” jelasnya.

Menurutnya tiga alat ini merupakan proyek percontohan, sedangkan pada 2020 mendatang pihaknya akan memasang tiga alat teknologi sederhana ini lagi.

“Harapan kami dengan adanya alat sederhana ini mampu menjadi solusi kekeringan yang kami perkirakan puncaknya akan datang pada bulan Agustus dan September. Bak penampungan tersebut bisa digunakan untuk beribadah maupun untuk keperluan rumah tangga,” kata Dwi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement