Dosen UMY Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Tim pengabdian masyarakat dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK UMY) berfoto bersama warga RT 24 RW 12, Dusun Tegowanu, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, beberapa waktu lalu. - Ist/dok. tim pengabdian
20 Juni 2019 23:27 WIB Uli Febriarni Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tim pengabdian masyarakat dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSIK UMY), memberikan sosialisasi, simulasi, dan pelatihan peduli keselamatan dalam berkendara.

Koordinator pelaksana tim pengabdian Nina Dwi Lestari mengatakan pengabdian masyarakat tersebut dilakukan di  RT 24 RW 12, Dusun Tegowanu, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, mulai pada Maret sampai Mei 2019.  Menurut dia, banyaknya kecelakaan yang terjadi di wilayah Kulonprogo, memunculkan ide untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat melalui sebuah program Vehicle Safety Promotion. Dalam pengabdian, masyarakat setempat juga berperan sebagai mitra.

"Program tersebut guna menciptakan masyarakat yang tahu, mau dan mampu. Terutama dalam hal menciptakan kesehatan dan keselamatan dalam berkendara, melaksanakan evakuasi transportasi tanggap darurat. Serta pertolongan pertama pada kecelakaan berkendara dan pembuatan media kesehatan," ungkapnya, Kamis (20/6).

Menurut Nina, di wilayah sekitar tempat tinggal warga memiliki kondisi geografis jalan yang cukup curam, kendaraan berlalu lintas dalam kecepatan tinggi dari kedua arah yang berbeda. Selain itu, perilaku berkendara yang kurang mengindahkan keselamatan berkendara mengakibatkan tingginya tingkat kecelakaan dalam berkendara.

"Pemahaman masyarakat mengenai etika dan keselamatan berkendara masih kurang. Diketahui peran keluarga dalam memberikan pengawasan berkendara masih rendah. Faktor lainnya adalah perilaku orang tua yang mengizinkan anak usia sekolah menggunakan kendaraan bermotor," kata dia.

Pengabdian masyarakat dilakukan bersama dua rekan dosen PSIK UMY lainnya, yaitu Al Afik dan Arif Wahyu Setyo Budi. Kegiatan pengabdian ini menghasilkan luaran berupa peningkatan pengetahuan dan perilaku mitra, terkait kesehatan dan keselamatan. Berikut bahan ajar dan publikasi jurnal pengabdian kepada masyarakat. Mengambil tema Program Kemitraan Masyarakat Community Empowerment in Vehicle Safety Promotion, dalam Mewujudkan Masyarakat Peduli Kesehatan dan Keselamatan Berkendara, para dosen bermitra dengan Seksi Pendidikan Masyarakat, Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Kepolisian DIY.

“Harapannya dengan diadakannya kegiatan ini, masyarakat dapat lebih memahami bahayanya apabila berkendara tidak berhati-hati. Dengan begitu, masyarakat dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara di manapun dan kapan pun,” tuturnya.