Advertisement

PPDB SMP : Kuota Jalur Prestasi di Bantul Akhirnya Ditambah 15%

Ujang Hasanudin
Senin, 24 Juni 2019 - 20:47 WIB
Bhekti Suryani
PPDB SMP : Kuota Jalur Prestasi di Bantul Akhirnya Ditambah 15% Ilustrasi PPDB. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, memastikan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk semua sekolah menengah (SMP) negeri di Bantul tahun ini ada penambahan kuota untuk jalur prestasi sebanyak 15% dari total kuota penerimaan siswa. Kuota prestasi tersebut lebih banyak dari sebelum-sebelumnya yang hanya 5% untuk kuota jalur prestasi.

Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko mengatakan penambahan kuota jalur prestasi itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diterima pada Senin (24/6/2019) pagi. Pihaknya mengapresiasi penambahan kuota jalur prestasi tersebut.

Advertisement

Namun demikian kuota 15 diakuinya disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah, “Kuota 15 persen ini maksimal. Kalau ada yang kurang dari kuota itu tidak masalah. Selama ini kuota lima persen jalur prestasi juga tidak semuanya terpenuhi,” kata Isdarmoko, saat dihubungi Senin (24/5/2019).

Sementara itu kuota untuk jalur khusus atau kepindahan orang tua siswa tetap lima persen tiap sekolah dari total jumlah siswa dan jalur zonasi 80 persen. Sejauh ini Isdarmoko mengklaim proses PPDB di SMP dan SD berjalan lancar, tidak ada kendala berarti baik dari sistem jaringan internet maupun layanan PPDB.

Hanya ada beberapa orang tua siswa yang masih kebingungan dalam proses PPDB. Isdarmoko mengatakan proses PPDB online sudah disosialisasikan kepada orang tua melalui sekolah dan komite sekolah, “PPDB merupakan aktivitas rutin tahunan mestinya orang tua calon siswa mengetahui. Dan kami juga sudah sosialisasikan,” kata Isdarmoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement