Ada Bandara International Yogyakarta, SAR DIY Akan Tambah Personel dan Perlengkapan

Kepala Basarnas, Marsdya TNI Bagus Puruhito meninjau kesiapan Pos SAR DIY Pantai Congot pada Selasa (25/6/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
26 Juni 2019 08:27 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Badan SAR Nasional (Basarnas) berencana akan meningkatkan kualitas perlengkapan posko juga personil sebagai antisipasi adanya Bandara International Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo.

Kepala Basarnas, Marsdya TNI Bagus Puruhito dalam kunjungannya mengatakan dengan adanya bandara baru di Kulonprogo, antisipasi perlu dilakukan.

"Kesiapan Posko, perlengkapan, alutsista, dan personil saat ini memang cukup. Tapi ke depan, karena ada bandara, maka perlu ditingkatkan," jelasnya pada Selasa (25/6/2019) di Pos SAR DIY.

Ia meninjau kesiapan di Pos SAR DIY Pantai Congot pada Selasa (25/6/2019). Beberapa perlengkapan diamatinya mulai dari perahu jet boat, mobil SAR dan perlengkapan lainnya. Setelah meninjau kesiapan dari Pos SAR DIY Pantai Congot tersebut, ia mengatakan akan melakukan kajian ke depannya.

"Akan kami siapkan ke depannya," ujar Bagus.

Posko yang ada di Kulonprogo tersebut direncanakan akan ditingkatkan dari unit siaga menjadi pos sarana. Selain itu, jumlah personil yang ada juga akan ditambah.

Dengan adanya Bandara YIA potensi kecelakaan atau bencana bisa saja terjadi. "Kami harap memang tidak ada kecelakaan. Tapi intinya kami harus siap. Maka kami lakukan berbagai peningkatan," tutur Bagus.