Terserang Asma Saat Susur Gua, Wisatawan Gua Pindul Meninggal Dunia

Gua Pindul, Gunungkidul. - JIBI
29 Juni 2019 23:37 WIB Newswire Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Seorang wisatawan Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Gunungkidul meninggal dunia setelah melakukan susur gua karena penyakit asma kambuh, Sabtu (29/6/2019).

Ketua Kelompok Mrimis Putih (Salah Satu operator Gua Pindul) Guntur di Gunung Kidul, Sabtu, megatakan korban meninggal dunia atas nama Nani Surnani (53) warga desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

Korban datang bersama rombongan pada 13.00 WIB. Korban atas nama Nani Surnani ini masuk ke Gua Pindul sekitar 13.30 WIB.

"Sesuai dengan standar pelayanan, kami menginformasikan mengenai apa saja larangan termasuk jika sakit dilarang ikut susur gua," katanya.

Namun, setelah beberapa saat melakukan penyusuran menggunakan ban di dalam gua sepanjang sekitar 350 meter, korban tiba-tiba tak sadarkan diri.

"Kronologi dari kami memandu pengunjung masuk ke Gua Pindul, seperti biasa tetapi di tengah perjalanan pengunjung kumat asmanya," katanya.

Guntur mengatakan tim pemandu langsung membawa korban ke luar lalu dilarikan ke Rumah Sakit Panti Rahayu, Kecamatan Karangmojo. "Namun sampai di rumah sakit, meninggal dunia. Suaminya ada di sampingnya. Korban susur gua bersama suaminya," kata dia.

Sementara itu, Direktur BUMDes Maju Mandiri Desa Bejiharjo, Sariyanto mengatakan pihaknya sudah mendengar informasi terkait salah seorang wisatawan yang meninggal dunia saat susur gua. "Korban sudah dilarikan ke rumah sakit, korban meninggal dunia. Saat ini korban sudah dibawa keluarganya ke rumah duka," katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga akan mengupayakan asuransi bagi korban. "Sesuai mekanisme kami juga mengurus asuransinya. Tadi dari operator juga ikut ke rumah duka," kata Sariyanto.*

Sumber : Antara