Advertisement

Menjamurnya Spot Foto di Objek Wisata Gunungkidul Malah Mengkhawatirkan, Ini Sebabnya

Rahmat Jiwandono
Selasa, 09 Juli 2019 - 22:57 WIB
Budi Cahyana
Menjamurnya Spot Foto di Objek Wisata Gunungkidul Malah Mengkhawatirkan, Ini Sebabnya Wisatawan menikmati keindahan Pantai Watu Nene di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Selasa (11/6/2019) - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Menjamurnya spot foto di sejumlah objek wisata menjadi magnet wisatawan untuk jalan-jalan di Gunungkidul. Namun, spot foto yang belum punya standar keamanan menimbulkan kekhawatiran. Sampai sekarang, Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul belum menggandeng lembaga yang dapat menerbitkan sertifikasi keamanan spot foto.

Kepala Seksi Sarana Wisata Dinpar Gunungkidul, Yohanes Nanang Purtranto, mengatakan jajarannya butuh bantuan lembaga yang bisa memberikan sertifikasi keamanan. "Jadi bisa diketahui mana saja lokasi yang aman untuk foto," ujarnya, Selasa (9/7/2019).

Advertisement

Menurutnya, selama ini kelompok sadar wisata (pokdarwis) mendirikan spot foto di tanah milik mereka sendiri. Sejauh ini baru Pokdarwis Pantai Nglambor yang berkoordinasi dengan Dinpar Gunungkidul saat membuat spot wisata baru. "Kami berharap pokdarwis lainnya juga bisa menyampaikan apa yang akan dibangun, terutama spot foto," kata dia.

Dia mengatakan beberapa spot foto di kawasan pantai cukup berbahaya. Dia mencontohkan kayu yang dipasang sebagai pagar di tebing pantai. "Kayu yang terkena ombak lama kelamaan bisa lapuk dan membahayakan pengunjung," katanya.

Wakil Komisi B DPRD Gunungkidul, Edi Susilo, meminta pokdarwis mempertimbangkan aspek keamanan bagi pengunjung dalam membangun spot foto di lokasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement