Polisi DIY Sisir Bonek Jangan Sampai Datang ke Stadion Maguwoharjo

Aksi Bonek saat mendukung Persebaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Jumali
12 Juli 2019 19:37 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan jajarannya telah melakukan penyisiran terhadap suporter Persebaya, Bonek yang datang kewilayah DIY untuk menyaksikan pertandingan antara PSS Sleman vs Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman.  Tindakan tersebut untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dari panpel kan tidak menyediakan tiket untuk Bonek, mengacu dari kejadian yang sudah-sudah. Dari kemarin kami sudah melakukan penyisiran dan kami imbau memang untuk tidak datang,” kata Kapolda, Jumat (12/7/2019).

Selain itu, ia mengatakan, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan Polda Jawa Timur dan Polda Jawa Tengah.

“Seperti yang terjadi di Rembang, kan langsung dikembalikan, termasuk di sini, ada yang datang dikembalikan, karena bagaimanapun mengundang kerawanan, kan mereka tidak bisa nonton, nanti akhirnya ke mana,” ucap dia.

Disinggung mengenai adanya sejumlah Bonek yang diamankan oleh Polresta Jogja, Kapolda mengatakan tindakan-tindakan yang membuat keonaran dan pidana harus diantisipasi sejak awal.

“Tetapi yang paling penting kami mengimbau agar Bonek mengurungkan niatnya, karena jauh hari sudah diinformasikan Panpel tidak menyediakan tiket,” ucap dia.

Pihaknya pun akan menerjunkan personel maksimal pada pertandingan PSS vs Persebaya yang akan diselenggarakan Sabtu (12/7/2019). “Ribuan, sekitar 2.000 personel, pengamanan maksimal,” kata dia.