Suharsono Jadi Jago Utama Gerindra dalam Pilkada 2020

Bupati Bantul Suharsono - Harian Jogja/Ist
18 Juli 2019 18:02 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bantul Suharsono mendapat lampu hijau dari Partai Gerindra untuk kembali maju dalam Pilkada Bantul 2020. Partai yang dulu mengusungnya di Pilkada 2016  itu akan lebih mengutamakan kader internal yang memiliki elektabilitas tinggi.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Bantul Enggar Suryo Jatmiko mengatakan saat ini Gerindra belum menentukan nama bakal calon Bupati dan Wakil bupati Bantul yang akan diusung diusung di Pilkada 2020, karena tahapan pilkada belum dimulai. Penjaringan bakal calon baru akan dibahas setelah pelantikan anggota DPRD Bantul perode 2019-2024.

Namun komunikasi dengan sejumlah parati sudah dilakukan secara personal. Bagaimana pun Gerindra membutuhkan koalisi dalam mengusung paket bakal calon dan wakil bupati. Gerindra memperoleh delapan kursi di DPRD Bantul 2019-2024. Sementara syarat minimal mengusung paket bakal calon sendiri adalah sembilan kursi, “Untuk mengusung sendiri masih kurang satu kursi,” kata Enggar di ruang Fraksi Gerindra DPRD Bantul, Kamis (18/7).

Enggar mengatakan calon petahana mendapat poin lebih dalam mekanisme penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung. Selain petahana, kader internal partai juga mendapat perioritas.

Sementara itum Suharsono mengatakan saat ini dirinya masih fokus menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Bupati Bantul. Ia menyatakan saatnya nanti mendekati pilkada, dirinya akan mempersiapkan diri.

Kendati belum banyak persiapan, Suharsono mengaku sudah mengomunikasikan rencana tersebut di internal Gerindra, “Gerindra otomatis. Dengan partai koalisi saja sudah pendekatan. Jika ada waktu nanti akan komunikasi [dengan partai koalisi],” ucap Suharsono yang juga merupakan ketua DPC Gerindra bantul.