Advertisement

STMM Gelar Digital Talent Scholarship Coding Teacher Academy 2019

Bhekti Suryani
Jum'at, 19 Juli 2019 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
STMM Gelar Digital Talent Scholarship Coding Teacher Academy 2019 STMM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) Yogyakarta menjadi bagian dari penyelenggaraan Program Digital Talent Scholarship berupa Coding Teacher Academy (CTA) 2019, bertempat di Gedung Animasi Sekolah Tinggi Multi Media. Kegiatan Coding Teacher Academy 2019 ini berakhir pada Jumat (19/7/2019).

Program Digital Talent Scholarship Coding Teacher Academy (DTS CTA) merupakan pelatihan pemrograman atau coding bagi guru-guru TIK baik dari SMK, SMA dan pendidikan menengah atas lainnya dengan fokus pembelajaran pada programming essential in Python.

Advertisement

Program ini diberikan dengan bentuk beasiswa dimana peserta difasilitasi baik pelatihan, penginapan dan biaya terkait lainnya. Dari program CTA ini diharapkan guru-guru dapat semakin meningkatkan kemampuan dan keahlian sehingga dapat ditularkan melalui pengajaran, praktikum dan pelatihan kepada siswa-siswa pada tingkatan menengah atas.

Dengan demikian diharapkan ke depannya akan lahir siswa-siswa yang berkemampuan coding atau pemrograman komputer, sehingga diharapkan mampu menjadi penyokong kemajuan industri berbasis digital dan ekonomi digital.

Program DTS CTA tersebut adalah program Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai rangkaian dari kegiatan pelatihan-pelatihan menghasilkan digital talent yang menjadi kebutuhan industri digital yang mana Indonesia pada saat ini sedang mengalami kemajuan yang sangat signifikan.

Program DTS CTA ini secara keseluruhan diikuti oleh diikuti oleh 2.000 guru bidang TIK yang diselenggarakan di 4 kota yaitu Jogja, Cikarang, Tangerang Selatan dan Jakarta. Jumlah peserta CTA di Jogja sendiri sejumlah 704 yang dilaksanakan di 3 lokasi yaitu di Sekolah Tinggi Multi Media, Wisma MM UGM dan UC UGM yang diselenggarakan sebanyak 3 gelombang.

Pelatihan CTA ini dibuka secara serentak oleh Basuki Yusuf Iskandar selaku Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo pada Senin, 1 Juli 2019 dan berakhir pada Jumat, 19 Juli 2019.

Menurut Basuki, program dengan dukungan mitra perusahaan global Cisco itu ditujukan memberikan pengetahuan mengenai pemrograman berbasis Python untuk guru TIK.

“Setelah mengikuti program ini, guru-guru dapat meneruskan ilmu pengetahuan yang didapat kepada siswa/siswa di sekolah tempat mengajarnya”, ujar Basuki, Jumat melalui rilis.

Pelatihan Coding Teacher Academy 2019 ini menggandeng Global Tech Company yang menyediakan kurikulum, silabus, modul pembelajaran dan formasi instruktur. Pelatihan berlangsung selama 70 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan online dan offline.

“Pelatihan ini sangat bagus, bermanfaat juga untuk para guru sehingga dapat mengikuti kemajuan teknologi informasi dan semoga dapat menjadi bekal untuk para siswa dalam menghadapi persaingan teknologi ketika nanti guru sampaikan ilmu-ilmu yang telah didapat dari pelatihan DTS CTA," kata salah satu peserta pelatihan guru TIK asal Indramayu, Ibnu Fajar.

”Pelatihan coding yang saya dapatkan memberikan wawasan yang sangat berarti dan sangat bermanfaat mengingat teknologi saat ini sudah sangat maju,” ujar Edy Raharjo, guru TIK SMK Negeri Kebonagung Jawa Timur.
Adapun Nur Awaluddin guru TIK SMK Negeri 2 Sragen Jawa Tengah mengatakan tidak hanya ilmu yang didapat dalam pelatihan namun juga relasi dengan banyak guru di bidang TIK.

"Harapan saya setelah mengikuti pelatihan ini bisa membangun kerja sama yang baik dengan guru TIK yang lain dan Kominfo," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement