DPD Asosiasi Dong Yue Taiji Indonesia DIY Dilantik

Pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Dong Yue Taiji Indonesia (ADYTI) DIY di Auditorium RS JIH, Sabtu (20/7)./ Ist. - DPD ADYTI DIY
25 Juli 2019 11:27 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Dong Yue Taiji Indonesia (ADYTI) DIY resmi dilantik di Auditorium RS JIH, Sabtu (20/7).

Ketua DPD ADYTI DIY, Pudiarso Rahardjo mengatakan pelantikan ini sebagai wadah Sasana yang ada sekitar 15 yang ada di DIY. Selain itu pula pelantikan ini dalam upaya mengajak meningkatkan kesehatan masyarakat dengan olahraga.

Pudiarso mengatakan dahulu di Tiongkok, taiji memang identik dengan beladiri. Namun seiring berjalannya waktu, sudah tidak ada peperangan taiji lebih pada olahraga.

“Untuk itu pelantikan pengurus ini wujud menyehatkan masyarakat jogja. Semakin dikenal masyarakat Jogja harapannya, semakin berkembang,” kata Pudiarso, Rabu (24/7).

Menurut dia, perkembangan taiji di Indonesia memang sempat terhenti di era Orde Baru (Orba). Namun sebenarnya tetap ada dengan nama senam pernafasan dan lain sebagainya. Kemudian sejak zaman Presiden Gus Dur, penggunaan nama taiji digunakan.

Diharapkan setelah pembentukan pengurus ini, semakin banyak masyarakat yang tahu. Termasuk pula anak muda generasi milenial yang dirasanya ada yang belum tahu.

“Ada sebagian tahu anak muda. Gerakan taiji mungkin kurang begitu disenangi anak muda karena terlalu lembut. Tetapi kalau yang sudah tahu persis akan memilih ke taiji,” ucapnya.

Ia mengungkapkan karena masih awal dibentuk, DPD ADYTI mempersiapkan segala sesuatunya. Nantinya juga akan ada pelatihan yang diberikan. Bisa untuk umum dan yang telah mengetahui Taiji.