SD Olifant Gelar Uji Publik Kurikulum 2019

Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Yayasan dan Guru Sekolah Olifant, serta peserta Uji Publik Kurikulum berfoto bersama, Selasa (30/7)./ Ist - Olifant
01 Agustus 2019 07:57 WIB Kusnul Isti Qomah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Mengawali tahun ajaran 2019/ 2019, Olifant Elementary School atau SD Olifant melaksanakan Uji Publik Kurikulum 2019, Selasa (30/7). 

Kegiatan Uji Publik Kurikulum Olifant Elementary ini dihadiri beberapa komponen dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman yang diwakili oleh Kasi Kurikulum SD Ummul Chusnah, Pengawas SD Kecamatan Depok Ponimin, perwakilan orang tua dan komite sekolah, perwakilan guru dan siswa, serta perwakilan tokoh masyarakat.

Kurikulum merupakan panduan untuk pelaksanaan program KBM bagi sebuah sekolah sehingga sekolah dapat berjalan sesuai dengan arah dan tujuan yang sudah ditentukan dan disepakati bersama. Dalam kegiatan uji publik kurikulum, sekolah berkesempatan memaparkan mempresentasikan visi misi, tujuan dan kurikulum sekolah serta komponen lain yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar untuk tahun ajaran 2019/ 2020 di Olifant Elementary kepada peserta yang hadir.

Siswa, orang tua, dan masyarakat sebagai bagian dari komponen pendukung sekolah ikut memberikan kontribusi dan masukan terhadap kurikulum yang akan dilaksanakan di sekolah sesuai dengan visi, misi, dan arah tujuan sekolah, sehingga dapat mengakomodasi kepentingan dari warga sekolah.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan dari sekolah oleh Kepala Sekolah Olifant Elementary mengenai kurikulum serta program kekhasan Olifant Elementary School termasuk kurikulum life skills and character building dari Head of Operation of Olifant School kepada seluruh peserta yang hadir. Selanjutnya dari perwakilan Dinas Pendidikan dan pengawas, serta peserta yang hadir dapat memberikan tanggapan.

Mengutip tanggapan dari salah satu orang tua murid, Penina, diperlukan kerja sama yang baik antara sekolah dan orang tua supaya dapat mendukung pendidikan dan perkembangan anak-anak sesuai dengan tujuan yang sudah disusun sekolah. "Selama ini Olifant sangat mengakomodasi pendidikan dan pendampingan bagi putra putri saya, serta membina kerja sama yang baik dengan orang tua sehingga seluruh program yang dipersiapkan Olifant dapat dilaksanakan dengan baik," kata dia dalam rilis yang dikirimkan Olifant, Sleman, Rabu (31/7). 

Pembentukan Karakter

Kurikulum yang selama ini dilakukan di Olifant sudah terasa manfaat dan dapat membentuk karakter anak-anak sesuai dengan roadmap yang sudah dipersiapkan Olifant. Senada dengan hal tersebut, Putu Indrawati sebagai salah satu Dewan Penasehat Parents Committee menyampaikan peran dan keterlibatan orang tua dalam kegiatan di sekolah sangat mendukung semangat belajar anak-anak.

"Selain itu dengan lebih terlibat dalam kegiatan parents participation atau parents committee yang difasilitasi sekolah, orang tua dapat lebih mengenal program-program di sekolah," terag dia.

Olifant Elementary School memiliki roadmap to sociopreneur dan program life skils & character building sudah sejalan dengan program pendidikan pengembangan karakter yang menjadi program pemerintah. Menurut Pengawas SD Kecamatan Depok Ponimin hal itu yang menjadi kekuatan Olifant Elementary School. Program ini sudah dilaksanakan dengan baik oleh Olifant dan diharapkan dapat diperkuat supaya dapat menginspirasi bagi lingkungan dan lembaga pendidikan pada umumnya.

"Literasi juga menjadi salah satu program yang akan menjadi perhatian Olifant Elementary School di tahun ajaran ini, dengan disediakannya program dan fasilitas pendukung untuk program literasi," tutur dia.