Salat Id di Alun-Alun Utara Jogja Diikuti Ribuan Orang

Umat Islam menunaikan ibadah Salat Id di Alun-Alun Utara Jogja, Minggu (11/8/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
11 Agustus 2019 12:57 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Ribuan warga melaksanakan solat Idul Adha 1440 Hijriah di Alun-Alun Utara, Minggu (11/8/2019). Gubernur DIY, Sri Sultan HB X tidak terlihat berada di saf makmum. Salat diimami oleh Imam Besar Masjid Gede Kauman, Asnan Latif dan diisi oleh Fathul Wahid sebagai khatib.

Dalam khotbahnya, ia berpesan banyak tentang keteladanan Nabi Ibrahim yang dengan penuh ketaatan mematuhi perintah Allah untuk menyembelih anaknya, Ismail. Ia mengartikan keteladanan ini dengan memperhatikan keturunan sebagai generasi penerus.

“Dalam konteks hari ini, keteladanan Nabi Ibrahim bisa diartikan dengan lebih memperhatikan keturunan kita. Kalau kita tidak serius mengurus bangsa, mengurus lingkungan, akan berdampak pada generasi selanjutnya,” ujarnya.

Masjid Gede Kauman melaksanakan penyembelihan hewan kurban di hari pertama, dengan jumlah sapi sebanyak 10 ekor dan kambing sebanyak 24 ekor. Sementara itu di Masjid Pangeran Diponegoro, Kompleks Balaikota Jogja menyembelih sapi tiga ekor dan kambing 13 ekor.