Berebut Rp50 Juta, Ratusan Gamers Bertanding Mobile Legends di Jogja

Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales KAI Asdo Artriviyanto saat menjajal salah satu games di Turnamen KAI eSports Exhibition, Goes to Jogja di JEC, Sabtu (10/8/2019). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
11 Agustus 2019 01:37 WIB Kusnul Isti Qomah Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Olahraga elektronik atau eSport berkembang pesat di Tanah Air. Buktinya, ratusan gamers tanding ketangkasan game populer saat ini, Mobile Legends dan Free Fire di Jogja Expo Center (JEC) Jogja, Bantul, Sabtu (10/8/2019).

Ajang bertajuk KAI eSports Exhibition, Goes to Jogja diikuti 738 peserta dari 88 tim di Indonesia. Satu tim bisa terdiri 5 -10 orang. Mereka memperebutkan total hadiah Rp50 juta. "Event ini merupakan yang perdana yang digelar oleh PT KAI. Event ini sebagai bentuk dukungan kepada atlet eSports," kata Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales KAI Asdo Artriviyanto saat membuka even di JEC, Sabtu.

Secara khusus, kata Aldo, even ini didedikasikan kepada kaum milenial yang kreatif. "Salut untuk kaum milenial yang kreatif dan berkomitmen tinggi untuk mendedikasikan diri mereka menjadi atlet eSports profesional,” kata dia.

Asdo tidak menampik Turnamen KAI eSports Exhibition, Goes to Jogja ini merupakan salah satu langkah KAI untuk meningkatkan brand awareness KAI kepada generasi milenial. "Khususnya komunitas gamer," ujarnya.

Menurut dia, sebanyak 738 peserta sudah mendaftar secara online hingga Jumat 9 Agustus malam di ajang ini. Mereka akan saling beradu ketangkasan di dua game yang populer di Indonesia, yaitu Mobile Legends dan Free Fire. "Ajang ini merupakan salah satu bentuk kontribusi KAI dalam menghadirkan kegiatan positif kaum milenial,” kata Asdo.

Selain kompetisi dua game tersebut, KAI eSports Exhibition, Goes to Jogja juga akan menggelar Cosplay Competition, exhibition game Tekken 7, PES 2019, dan Auto Chess. "Total hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan ini senilai Rp50 juta," katanya.

Menurut Asdo, KAI berkerja sama dengan UniPin eSports akan memfasilitasi pemenang dari turnamen Free Fire KAI eSports ini untuk diterbangkan ke Jakarta sebagai perwakilan Jogja untuk berkompetisi di final UniPin City League yang akan digelar pada bulan November di acara South East Asia Cyber Arena (SEACA) 2019. Total hadiah yang diperebutkan Rp200 juta rupiah.

Manager Humas PT KAI Daerah Operasional 6 Jogja Eko Budiyanto mengatakan, acara ini turut dimeriahkan oleh JKT 48. Grup idola milenial ini tidak sebatas tampil di atas panggung, namun juga melakukan Fun Match Mobile Legends melawan tim E-Sport yang berasal dari pegawai KAI yaitu Loko E-Sport.

Eko mengatakan, KAI menyediakan diskon tiket Kereta Api sebesar 10 persen kepada pengunjung yang membeli di booth KAI di lokasi acara. Diskon berlaku untuk berbagai KA Komersial selama tiket masih tersedia.

Untuk tiket masuk event, pengunjung secara on the spot seharga Rp20.000. Namun ada diskon 50 persen bagi mereka yang menunjukkan aplikasi KAI Access atau Wowbid yang sudah terinstal di smartphone masing-masing. "Dengan harga tiket tersebut, pengunjung juga akan mendapatkan minuman gratis," kata Eko.

Acara berlangsung meriah saat opening ceremony. Para pegawai KAI berkostum game Free Fire berupa vest, topi, dan aksesoris lainnya layaknya karakter asli dari game tersebut.