Sudah Ada yang Celaka, Kabel Menjuntai ke Jalan di Concat Ini Bahayakan Pengendara

Pengendara motor melewati Jalan Brajajaya, Sanggrahan, Condongcatur, Depok, Sleman, Selasa (13/8/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
13 Agustus 2019 19:17 WIB Yogi Anugrah Bantul Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Beberapa utas kabel di Jalan Brajajaya, Sanggrahan, Condongcatur (Concat), Depok, Sleman menjuntai ke jalan dengan ketinggian sekitar 2,5 meter. Kondisi tersebut membahayakan pengendara dan pejalan kaki.

Pantauan Harianjogja.com, kondisi tersebut membuat pengendara yang melewati jalan tersebut berhati-hati. Di salah satu kabel yang terjuntai pun sudah terpasang tulisan dengan kertas berbunyi “awas PLN”. Selain menjuntai ke jalan, ada juga kabel yang sampai menyentuh tanah di pinggir jalan.

Salah seorang warga Depok, Triyanto, 43, mengatakan tidak tahu persis penyebab kabel-kabel tersebut terjuntai, namun, kata dia, kondisi tersebut sudah berlangsung sekitar satu bulan.

“Tentu bahaya kalau dilewati pengguna jalan, karena ketinggiannya rendah,” kata dia, Selasa (13/8/2019).

Ia mengatakan, sudah beberapa kali terjadi kecelakaan di sekitar jalan tersebut, terutama pada malam hari. “Kan kalau malam gelap, kendaraan bisa-bisa menyangkut. Belum lama ini ada ibu-ibu kecelakaan,” ucap dia.

Ia mengaku tidak tahu persis kabel tersebut merupakan kabel listrik atau kabel seluler. Warga pun sudah melaporkan ke pihak PLN. “Karena mengganggu disingkirkan oleh warga juga,” kata dia.

Supervisor Teknis Unit Layanan Pelanggan PLN Jogja Rudi Haryanto mengatakan jika kabel-kabel yang ada di area itu bukan hanya kabel untuk jaringan listrik saja. Ada kabel untuk seluler.

“Itu bukan kabel PLN tapi tetap akan kami cek. Kami juga sudah koordinasi dengan Icon + sebagai anak perusahaan untuk pengecekan. Karena ada juga dari operator lain," kata dia.