Bendahara KPU Gunungkidul Raih Nilai IKPA Tertinggi

Ilustrasi dana atau anggaran. - JIBI
13 Agustus 2019 22:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bendahara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Muhammad Makmuri, meraih poin tertinggi yakni 99,76 dalam Indeks Kinerja Pelaksanaan Anggara (IKPA) beberapa waktu lalu. Posisi kedua diduduki oleh KPU Aceh Tenggara dengan nilai 99,75 dan posisi ketiga KPU Mamuju dengan nilai 99,61.

"Akhir Juli lalu saya diundang oleh KPU Pusat untuk menerima penghargaan terkait dengan pelaksanaan anggaran," kata Makmuri, Senin (12/8/2019).

Makmuri menjelaskan jika standar penilaian yang dipakai merupakan standar dari Kementerian Keuangan yakni IKPA. IKPA ialah standar dari proses pengajuan anggaran, revisi anggaran hingga laporan pertanggungjawaban anggaran. "Yang dinilai adalah pelaksanaan anggaran di tahun anggaran 2018," katanya.

Menurutnya, penghargaan ini bentuk apresiasi kepada KPU di tingkat daerah yang sudah melaksanaan anggaran sesuai dengan IKPA. Saat ini KPU bersama lembaga lain di Indonesia tengah melakukan transisi, dimana pada IKPA yang ditetapkan oleh Kemenkeu mengarah pada sistem online. Ke depan seluruh dokumen perbendaharaan harus diunggah secara online. Hal ini untuk mendukung program keterbukaan publik yang mana seluruh dokumen tersebut dapat diakses oleh masyarakat.