Wadah Besek, Didik Siswa Kurangi Sampah Plastik

Kepala SMP Muhammadiyah 3 Jogja, Heriyanti (paling kanan) saat memberikan daging kurban kepada masyarakat, Selasa (13/8/2019)/ist - dok.SMP Muga Jogja
16 Agustus 2019 11:07 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 3 Jogja (SMP Muga) menggunakan besek beralaskan daun pisang dan daun jati untuk wadah daging kurban pada perayaan Iduladha di sekolah, Selasa (13/8/2019).

Kepala Sekolah, Heriyanti menuturkan, sekolah memandang bahwa dalam diri siswa-siswi SMP Muga Jogja, sebagai generasi penerus bangsa, perlu dibentuk rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Salah satu persoalan lingkungan yang kini harus dicermati adalah banyaknya limbah plastik.

"Limbah plastik sudah mengganggu lingkungan, plastik susah sekali diurai. SMP Muhammadiyah 3 Jogja kemudian membuat gerakan peduli pengurangan limbah plastik," ungkapnya, Kamis (15/8/2019).

Ia menyatakan, SMP Muga Jogja memiliki visi sebagai sekolah berwawasan lingkungan. Komitmen tersebut, bahkan membawa sekolah itu menjadi sekolah Adiwiyata Nasional 2013 dan kini menuju Adiwiyata Mandiri. Selain menerapkan kebiasaan baik untuk menjaga sekolah tetap bersih, hijau dan sehat, sekolah juga memiliki sejumlah program, yang mendidik siswa untuk bisa mengurangi sampah plastik dalam keseharian.

Kegiatan tersebut mulai dari penggunaan wadah yang bisa dipakai ulang untuk makanan katering sekolah, membawa minuman dalam botol yang juga dipakai berulang, menggunakan bekas kemasan minyak goreng sebagai pot tanaman di lingkungan sekolah.

"Momentum besar kami tunjukkan lewat kegiatan Iduladha. Wadah daging kurban yang dibagikan kepada warga, menggunakan besek anyaman bambu alas daun jati atau daun pisang," kata dia.

SMP Muga Jogja, ingin membawa gerakan kecil yang berdampak besar dalam mengurangi limbah plastik. Ia tidak memungkiri, rasa kepedulian dan keseriusan untuk mengurangi limbah plastik menyangkut kesadaran hati. Sehingga proses harus pelan-pelan, pendekatan, edukasi yang terus-menerus.

"Bila hari ini belum berhasil atau baru memengaruhi satu orang dulu tidak apa, tapi pendekatan terus kami lakukan," ungkapnya.

Sekolah berharap, setiap individu di sekolah bisa peduli dan memiliki tanggung jawab berperilaku anti kantong plastik.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMP Muga, Mencik Rumiasih mengatakan, dalam kegiatan peringatan Iduladha yang digelar, ada sebanyak 11 kambing dan satu sapi yang disembelih. Selain itu, sebanyak 300 kupon dibagikan kepada warga sebagai syarat mengambil daging.

Sekolah juga membagikan daging bagi siswa yang berasal dari Keluarga Menuju Sejahtera, yatim, piatu, tenaga kebersihan, pemulung, tukang becak.