Promosikan Wisata di DIY Utara, Ribuan Orang Berkebaya

Para peserta 1.000 Kebaya untukmu Indonesia berfoto sebelum kegiatan, Minggu (25/8/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
25 Agustus 2019 22:07 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Sekitar 1.500 perempuan berkebaya mengikuti acara bertajuk 1.000 Kebaya untukmu Indonesia, Minggu (25/8/2019).

Peserta yang berjalan bersama sejauh 1,7 kilometer dari Museum Gunung Merapi dan berakhir di Griya Persada Convention Hotel and Resort. Saat berjalan bersama itu, peserta sesekali berhenti di sejumlah spot untuk menyanyikan lagu nasional. Setibanya di Griya Persada, digelar flashmob serta kegiatan-kegiatan lainnya. Tidak hanya perempuan, pria-pria yang berpakaian tradisional juga turut memeriahkan acara.

General Manager Griya Persada Convention Hotel and Resort Hariawan Tirto Wijoyo mengatakan kegiatan tersebut baru pertama digelar dan merupakan hasil kerja sama dengan Museum Gunung Merapi. Tujuannya, kata dia, untuk melestarikan budaya, dalam hal ini adalah kebaya. “Momennya juga pas pada Agustus, bulan kemerdekaan,” kata dia kepada Harian Jogja, di sela-sela acara.

Selain itu, kegiatan tersebut sebagai ajang untuk mengangkat kembali bahwa wilayah Kaliurang sebagai salah satu tujuan wisata di DIY.

“Sekarang orang cenderung ke arah selatan untuk berwisata. Di wilayah utara punya banyak juga destinasi wisata. Contohnya ini Museum Gunung Merapi, Taman Kaliurang ataupun tempat-tempat lainnya,” ujar dia.

Ia mengungkapkan awalnya pihaknya membuka registrasi untuk kegiatan tersebut untuk 1.000 orang, tetapi animo masyarakat yang mendaftar banyak, sehingga pendaftaran dibuka untuk 1.500 orang.

“Peserta yang mendaftar tidak hanya dari Jogja, dari luar Jogja juga banyak, seperti Bandung, Surabaya. Kalau animo masyarakat tinggi, harapannya tentu ini akan digelar lagi tahun berikutnya,” ujar dia.

Salah seorang peserta, Wulandari mengaku mengetahui info adanya kegiatan tersebut lewat media sosial, karena tertarik, ia pun ikut dengan mengajak beberapa orang teman-temannya.

“Jarang-jarang kan ada event seperti ini, jarak jalannya juga tidak jauh, ya ikut saja,” kata perempuan yang mengenakan kebaya hijau dan kacamata hitam ini.