Kurang dari 1 Jam, Kandang Ayam Ludes Terbakar

Ilustrasi. - JIBI/Bisnis Indonesia/Endang Muchtar
25 Agustus 2019 23:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebuah kandang ayam di Dusun Jetak, Desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, terbakar akibat korseleting listrik, Sabtu (24/8/2019). Peristiwa pada siang hari itu membuat pemilik kandang, Haryanto, 35, warga Jetak, merugi puluhan juta.

Petugas Pemadan Kebakaran Kulonprogo, Gito Waluyo, menerangkan kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Namun, laporan dari warga baru ia terima pukul 14.45 WIB. Tim pemadam kebakaran (damkar) lantas menerjunkan satu unit mobil damkar ke lokasi kejadian.

“Kurang dari satu jam kandang ayam seluas 81 meter persegi yang dilalap api bisa dipadamkan tim damkar dan warga,” tuturnya, Sabtu. Diduga sumber api dari kabel lampu yang mengalami korseleting. Akibatnya, bangunan kandang yang didominasi bambu dan kayu terbakar.

Kerugian diperkirakan mencapai Rp30 juta, terdiri dari peralatan kandang seperti wadah pakan ayam dan bangunan itu sendiri. Beruntung saat kejadian tidak ada ayam di dalam kandang tersebut karena belum lama ini ayam milik Haryanto sudah terjual.