Advertisement

Spirit Cinta Laut Ditumbuhkan Lewat Festival

Arief Junianto
Senin, 26 Agustus 2019 - 04:57 WIB
Budi Cahyana
Spirit Cinta Laut Ditumbuhkan Lewat Festival Nelayan sedang bekerja sama mendorong kapal ke pantai, di Pantai Bugel, Kulonprogo, Senin (31/12/2018). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY menggelar Festival Budaya Bahari, Minggu (8/9/2019), untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda akan kekayaan sumber daya kelautan.

Kepala DKP DIY  Bayu Mukti Sasongko mengatakan kegiatan yang dipusatkan di Pantai Baru, Desa Poncosari, Kecamatan Sanden, Bantul, tersebut akan menampilkan sejumlah kegiatan menarik, di antaranya lomba hasil tangkapan ikan; lomba memancing pasiran; pameran produk kelautan dan perikanan; apel gita laut dan sepeda gembira; seminar penumbuhan jiwa bahari; sarasehan kemaritiman bagi pemangku kepentingan; serta sosialisasi budaya kebaharian. “Program pengenalan dan peningkatan pengetahuan serta pemahaman tentang sumber daya kelautan yang dimiliki DIY bagi masyarakat tak terkecuali generasi muda merupakan modal dasar yang amat penting untuk ditanamkan sejak dini,” kata dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Minggu (25/8).

Advertisement

Dengan melibatkan masyarakat umum serta pelajar, Bayu berharap bisa meningkatkan peran serta mereka dalam menjaga kelestarian sumber daya kelautan.

Rencananya Festival Budaya Bahari akan melibatkan sebanyak 50 perahu motor tempel pada lomba perahu nelayan; 300 peserta pada lomba memancing pasiran; ratusan peserta apel gita laut dan sepeda gembira; 50 orang pada kegiatan seminar penumbuhan jiwa bahari; serta 100 orang pada kegiatan sarasehan kemaritiman bagi pemangku kepentingan. “Selain itu ada 50 orang di kegiatan sosialisasi budaya kebaharian, dan 50 stan akan meramaikan pameran produk kelautan dan perikanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Waspada! Marak Penipuan dengan Modus Mengirimkan Email Palsu

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement