Media dan DPRD Diharapkan Bisa Bersinergi

Anggota DPRD DIY terpilih dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Stevanus Christian Handoko saat bersilaturahmi dengan Pemred Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono di Graha Harian Jogja, Kamis (29/8/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
30 Agustus 2019 01:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Anggota DPRD DIY terpilih dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Stevanus Christian Handoko berharap ada sinergi antara media dengan anggota dewan untuk mengawal program-program Pemerintahan.

Pria yang kerap disapa Steve ini bertekad untuk membangun sinergi dengan media setelah dilantik pada 2 September mendatang. Baginya, media merupakan partner untuk ikut mengawasi kinerja pemerintahan dan menginformasikan program Dewan. "Style saya tetap, saya suka blusukan untuk menyerap aspirasi," katanya saat berkunjung ke Harian Jogja, Kamis (29/8/2019).

Dijelaskan Steve, Harian Jogja menjadi media pertama yang dia kunjungi untuk membangun sinergi. Selain menjadi media pertama yang mengabarkan perolehan hasil suara yang diraih pada Pemilu 2019, Harian Jogja juga dinilai memiliki semangat yang sama untuk mengawal program pembangunan di DIY.

"Saya ingin menjaga silaturahmi antara media dengan dewan. Semua media nantinya juga akan saya kunjungi untuk membangun komunikasi. Apalagi saya baru pertama kali menjadi anggota Dewan," katanya.

Steve berujar, sebagai satu-satunya anggota Dewan dari PSI, dalam konteks politik nanti pihaknya akan menjalin komunikasi dengan partai politik yang ada. Dalam pembentukan fraksi, PSI juga berencana untuk membuat satu fraksi dengan Partai Nasdem.

"Saat ini masih dalam komunikasi dengan Nasdem. Sebab syarat untuk membuat satu fraksi minimal ada empat kursi. Nasdem hanya dapat tiga kursi, nanti bisa ditambah dengan PSI," katanya.

Pemred Harian Jogja Anton Wahyu Prihartono mengatakan pada prinsipnya media massa termasuk Harian Jogja sangat terbuka untuk membangun komunikasi dan bersinergi dengan siapa saja. Harian Jogja, katanya, tidak membatasi siapapun untuk berkunjung. "Kami bisa bersinergi dengan Dewan. PSI juga bisa berkolaborasi dengan Harian Jogja untuk menyerap aspirasi masyarakat," katanya.

Anton berharap sebagai pendatang baru, keberadaan Steve mampu mewarnai DPRD DIY. Baginya, penampilan Steve dengan rambut bersemir putih menjadi salah satu pembeda. "Style-nya perlu dipertahankan, seperti itu. Orang tidak akan melihat penampilan tetapi perilaku. Asal sopan, rendah hati, dermawan pasti akan selalu diingat," katanya.

Diakhir pertemuan, Anton berharap adanya sinergi dengan media tidak hanya dilakukan saat Anggota Dewan ada maunya. Sinergitas antara media dengan anggota Dewan bisa terjalin juga tidak dalam konteks formal. "Pertemuan informal juga bisa dilakukan. Saat senggang, di tempat angkringan pun masih bisa berdiskusi," kata Anton.