LP3M UMY Pacu Dosen Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat

Lembaga Peneltian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) mengadakan konsinyering penyusunan dan pengunggahan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan pada tahun 2020. - Harian Jogja/Istimewa
04 September 2019 17:02 WIB MediaDigital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pengabdian merupakan bagian terpenting bagi caturdarma perguruan tinggi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Sebab pengabdian kepada masyarakat merupakan nilai keberadaan universitas dengan memberikan manfaat kepada masyarakat.

Untuk mewujudkan hal itu dan dalam rangka meningkatkan motivasi para dosen untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, Lembaga Peneltian Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (LP3M UMY) mengadakan konsinyering penyusunan dan pengunggahan proposal pengabdian kepada masyarakat untuk pendanaan pada tahun 2020.

Dengan Skema Dirjen penguatan Risbang DRPM Kementrian Riset Tekonologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) yang dilakukan selama dua hari, Senin-Selasa, (2-3/9/2019) di Grand Dafam Rohan Yogyakarta. Konsinyering ini dilaksanakan untuk meningkatkan minat dosen dalam membuat proposal pengabdian kepada masyarakat yang selanjutnya diseleksi oleh Kemenristekdikti untuk mendapatkan dana hibah.

Kepala LP3M UMY, Gatot Supangkat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa minat dosen dalam hibah internal sudah baik,a kan tetapi untuk yang bersedia ikut dalam pengabdian masyarakat dengan membuat proposal pengabdian masyarakat dari 645 dosen hanya 45 dosen yang mau upload ke Kemenristekdikti dan hanya 7 dosen yang mendapatkan dana hibah pengabdian.

“Harapannya dengan adanya konsinyering ini sejumlah 125 dosen bisa mengupload proposal pengabdian masyarakat yang nantinya akan didampingi oleh tim reviewer, bagaimana membuat proposal dari awal penulisan hingga upload proposal,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja.

Sementara itu reviewer nasional DRPM, Totok Agung Dwi Haryanto,  dalam menyampaikan materi tentang Kiat Penyusunan Proposal Pengabdian Kepada Masyarakat Skema DRPM menjelaskan tentang prinsip dasar pengabdian untuk dapat disusun dalam proposal pengabdian masyarakat.

“Misi perguruan tinggi dalam melaksanakan tridarma yaitu menghasilkan ilmu, menghasilkan tenaga peneliti, menghasilkan tenaga pengabdi melalui adanya pengabdian masyarakat yang nantinya hasilnya dapat diamalkan oleh masyarakat. Untuk prinsip dasar pengabdian masyarakat dapat dilihat dari basis kewilayahan, basis berdasarkan hasil riset, berdasarkan permasalahan, kebutuhan atau tantangan di masyarakat, sinergi, multidisiplin dan bermitra, kegiatan terstruktur, ada target luaran ,jelas dan dapat dilakukan, dan yang terakhir kegiatan tersebut berkelanjutan, tuntas dan bermakna,” paparnya.