Advertisement

Universitas Terbuka Berkomitmen Satukan Indonesia Lewat Pendidikan Berbasis Siber

Uli Febriarni
Rabu, 04 September 2019 - 22:07 WIB
Nina Atmasari
 Universitas Terbuka Berkomitmen Satukan Indonesia Lewat Pendidikan Berbasis Siber Sejumlah peserta ikut bergembira dan bernyanyi usai ikut jalan sehat, sebagai puncak peringatan Dies Natalis ke-35 UT, di halaman kampus Jln.Bantul, Rabu (4/9/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ UT) berkomitmen menyatukan bangsa, dari Sabang sampai Merauke, lewat pendidikan siber. Komitmen itu diperingati dalam Dies Natalis ke-35 UT yang mengambil tajuk Mengukuhkan Konektivitas di Era Siber.

Ketua Panitia Dies Natalis, Musiran menjelaskan, UT merupakan satu-satunya institusi di Indonesia yang melayani pembelajaran jarak jauh dan terbuka. Meskipun demikian, setiap perguruan tinggi (PT) diharapkan memiliki pembelajaran daring, untuk menambah kuota mahasiswa yang bisa masuk ke PT tersebut. Apalagi mengingat, angka partisipasi kasar (APK) PT di Indonesia baru sebesar 30,45%.

Advertisement

"Kementerian ingin bisa melayani lebih banyak masyarakat yang ingin kuliah di PT, dan salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan pembelajaran daring. UT sudah melakukan itu sejak 1984," kata dia, dalam peringatan puncak Dies Natalis ke-35 UT, di halaman kampus setempat, Rabu (4/9/2019).

Menurut Musiran, UT adalah satu-satunya PT yang bisa merajut persatuan dan kesatuan seluruh anak bangsa, dari Sabang sampai Merauke itu selain UUD.

Konektivitas siber sebagai perekat bangsa supaya rasio APK meningkat, tambahnya. Lewat pendidikan daring, diharapkan pada 2022 APK bisa menjadi sekitar 40%.

Kurikulum di UT ditinjau dan diperbarui setiap lima tahun, menyesuaikan perkembangan zaman. UT juga sudah menggunakan teknologi yang mutakhir serta menyediakan semua fasilitas, yang memungkinkan digunakan oleh mahasiswa-mahasiswa.

Ditanya lebih jauh mengenai peringatan Dies Natalis, acara yang melibatkan jajaran RT, RW, kelurahan dan kecamatan lokasi UT berada itu, diisi dengan sejumlah agenda. Antara lain jalan sehat, drum band, hiburan dan ditutup dengan lomba antar unit kerja UT.

"Semangat Dies, diharapkan menjadi semangat pula bagi UT untuk dapat melayani masyarakat sebaik-baiknya. Selain itu UT semakin dikenal oleh masyarakat luas, dipercaya untuk ambil bagian mendidik anak bangsa," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement