BARON 10K: Ribuan Runner Bersaing Menjadi Pelari Tercepat

Ilustrasi olahraga lari - Reuters
06 September 2019 23:17 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ribuan pelari bakal beradu cepat di ajang lomba lari bertajuk Baron 10 Kilometer 2019 (Baron 10K 2019) yang digelar di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Minggu (8/9/2019).

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata (Dinpar) Gunungkidul, Purnomo Sumardamto, mengatakan jajarannya terus menyiapkan pelaksanaan Baron 10K 2019, terutama dari sisi teknis pelaksanaan. Terkait dengan jumlah peserta, berdasar update terakhir pada Jumat (6/9/2019), sudah ada 2.856 orang calon peserta yang mendaftar. "Jumlah di atas terdiri dari peserta yang mendaftar secara offline dari klub-klub yang ada di Jawa Tengah dan DIY serta mendaftar secara online," ucapnya kepada Harian Jogja, Jumat.

Menurut Purnomo, event Baron 10K 2019 merupakan bentuk promosi wisata sekaligus pembinaan atlet usia dini. "Acara ini merupakan agenda rutin milik Pemkab Gunungkidul. Untuk tahun ini merupakan penyelenggaraan kelima dan diadakan bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional [Haornas]," katanya.

Acara Baron 10K 2019, menurut Purnomo, diharapkan menambah lama tinggal wisatawan di Gunungkidul, membeli makanan tradisional, dan masyarakat dapat merasakan dampak dari pariwisata. Ia berharap peserta yang ikut tidak hanya berasal dari DIY. "Untuk promosi kami menggandeng Harian Jogja untuk bekerja sama menyukseskan acara ini," katanya.

Manajer Jogja Pro, Eko Sutarmo, menjelaskan acara Baron 10K 2019 tahun ini mengusung konsep yang berbeda dari tahun sebelumnya. Perbedaannya terletak pada titik peserta lari saat start dan finis. "Tahun lalu start dibuka di pintu masuk Pantai Baron, sedangkan pelaksanaan tahun ini dimulai dari Jalur Jalan Lingkar Selatan [JJLS]," katanya.

Dipilihnya JJLS sebagai titik start karena semakin bertambahnya peserta dan kondisi jalan yang lebih luas dan lebar. Terlebih pada akhir pekan kawasan pantai Baron selalu ramai dipadati wisatawan. "Rute Baron Run 10K dimulai dari JJLS dan finis kembali di JJLS," ujarnya.