Ketua PBB DIY Tertarik Jadi Calon Wakil Bupati Bantul

Ilustrasi pilkada. - JIBI/Bisnis Indonesia/Rachman
08 September 2019 22:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Nyaris semua pimpinan partai politik menyatakan kesiapan unruk maju, baik sebagai calon bupati maupun wakil bupati, dalam Pilkada Bantul 2020. Salah satu dari mereka adalah Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB DIY, Supriyono mengaku siap tempur jika bakal calon yang ditawarkan partai koalisi nantinya tidak memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi. "Saya siap tempur, siap maju jadi calon Bantul 2 [Wakil Bupati] dan siap mundur dari Dewan. Tetapi saya masih melihat situasi dan kondisi," ujar Supriyono,” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul dua periode tersebut, Minggu (8/9).

Sekadar diketahui, Supriyono terpilih kembali sebagai anggota DPRD Bantul periode 2019-2024. Selain itu ia juga mengasuh Pondok Pesantren Baitul Quran, Trimurti, Kecamatan Srandakan, Bantul.

Latar belakang Supriyono adalah guru aparatur sipil negara (ASN) namun mundur dari ASN saat memutuskan diri menjadi ketua DPC PBB Bantul 2013, kemudian mencalonkan diri di DPRD Bantul 2014 dan terpilih sampai periode kedua dengan perolehan 14.300 suara.

Disinggung soal kesiapan partai, dia mengaku PBB masih menunggu perkembangan pencalonan dalam Pilkada Bantul 2020, sebelum menjatuhkan dukungam resmi. Sampai saat ini, kata dia, belum ada partai yang dengan terang-terangan menjagokan bakal calon tertentu, sehingga pencalonan masih terbuka. "Jika nanti sudah muncul calonnya kami akan mengambil sikap," kata dia.

Kendati masih menunggu kejelasan, PBB juga terus menjalin komunikasi dengan sejumlah partai politik.  Sejauh ini diklaimnya banyak partai yang mendekati PBB dan meminta dukungan,  terutama partai yang memperoleh suara terbesar dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2019, beberapa waktu lalu. Beberapa partai tersebut di antaranya adalah Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Gerindra, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Partai-partai tersebut mengajak PBB untuk berkoalisi. Namun hingga kini PBB masih berhitung karena belum ada bakal calon yang benar-benar kuat.  Ia menyatakan partainya harus menang jika menjatuhkan pilihan kepada pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul. Meski hanya memiliki satu kursi di DPRD Bantul, Supriyono optimistis menjadi bagiam penentu kemenanhan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul.

Sejauh ini sejumlah bakal calon Bupati atau Wakil bupati Bantul adalah Suharsono yang kini menjabat sebagai Bupati Bantul, kemudian Abdul Halim Muslih, Agus Santoso, Dewata Eka Putra,  Joko Purnomo, Nur Rakhmat, Arif Rahman Hakim,  Agus Sumartono,  Bambang Wisnu Handoyo, Hanung Raharjo, Mahmud Ardi, dan Sulistyo dari jalur independen.

“Pada prinsipnya saya siap [maju sebagai calon Bupati] untuk yang kedua kalinya. Namun sampai sekarang, saya masih menunggu “tiket” [rekomendasi] dari DPP Gerindra,” kata Ketua DPC Gerindra sekaligus Bupati Bantul Suharsono.