Warga Bersuka Cita di Hari Jadi Desa Jatimulyo

Warga berebut gunungan hasil bumi di Lapangan Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Sabtu (14/9/2019).Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan
15 September 2019 15:27 WIB Fahmi Ahmad Burhan Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, GIRIMULYO - Ratusan warga berkumpul di Lapangan Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo pada Sabtu (14/9/2019). Warga bersuka cita peringati hari jadi desanya yang ke-72 itu.

Kepala Desa Jatimulyo, Anom Sucondro mengatakan di hari jadi yang ke-72, digelar kirab gunungan dan kenduri di Lapangan Desa Jatimulyo. Perwakilan warga dari 12 dusun yang ada di Desa Jatimulyo ikuti pawai bergodo dengan membawa gunungan.

Tidak hanya kirab, dalam peringatan hari jadi Desa Jatimulyo juga digelar kenduri merti desa, jathilan kebar, dan pagelaran ketoprak pamong. Di tengah acara kirab, warga berebut gunungan yang berisi hasil bumi dari Desa Jatimulyo.

"Gunungan merupakan hasil bumi sebagai bentuk nikmat yang harus kita syukuri," terang Anom pada Sabtu (14/9/2019).

Ia mengatakan, Desa Jatimulyo merupakan desa yang berbasis wisata, budaya dan religi. Dalam acara adat untuk peringati hari jadi desanya itu, semua elemen yang ada di desa diberdayakan.

Ia berharap, kegiatan kebudayaan seperti kirab gunungan terus dilestarikan. "Untuk bisa dilestarikan generasi yang akan datang kita bangun lembaga dan sistemnya. Ini agar menjadi estafet. Transfer ilmu, transfer budaya pada generasi muda terus kita lakukan," terang Anom.

Salah satu warga Desa Jatimulyo yang ikut berebut gunungan, Isnaini Hayatun mengaku bersyukur kegiatan tersebut tetap bisa dilestarikan. Beragam hasil bumi ia dapatkan. Menurutnya rebutan gunungan merupakan ungkapan rasa syukur terhadap nikmat yang sudah didapatkan warga.

"Ada buah, sayur, untuk dimasak. Acara ini setiap tahun diadakan. Semoga menjadi berkah dan sejahtera," ungkap Isnaini pada Sabtu.