The Ambarrukmo Segera Resmikan Jembatan Penyeberangan Orang Ambaramarga

Perwakilan The Ambarrukmo berfoto di depan kantor Harian Jogja bersama Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono (tiga kiri), Senin (16/9/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Sarsawati
16 September 2019 17:57 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - The Ambarrukmo telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang dinamakan Ambaramarga. Rencananya, JPO tersebut akan diresmikan pada 14 Oktober 2019 mendatang oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X bersamaan dengan grand opening Grand Ambarrukmo Yogyakarta Hotel.

JPO Ambaramarga yang dibangun melayang ini didasari akan keinginan menghubungkan hotel bintang 5 Royal Ambarrukmo Yogyakarta dengan hotel bintang 4 Grand Ambarrukmo Yogyakarta yang letaknya berseberangan.

Stakeholder Relations Specialist The Ambarrukmo, Melania menyampaikan bahwa konsep JPO Ambaramarga tidak hanya hadir untuk tamu hotel maupun pengunjung Plaza Ambarrukmo, mal yang ada di tengah-tengah antara kedua hotel tersebut, tetapi juga untuk umum.

"JPO ini juga untuk mengurangi tingkat kecelakaan," katanya saat mengunjungi Kantor Harian Jogja, Senin (16/9/2019).

Ia menyampaikan bahwa JPO ini khusus bagi pejalan kaki yang hendak menyeberang sehingga tidak diperkenakan adanya pihak-pihak tertentu yang berjualan di lokasi tersebut.

Wahyu Hidayati selaku Public Relations Plaza Ambarrukmo menambahkan JPO akan beroperasi 24 jam dan akan dijaga oleh pihak keamanan. Namun untuk jalur menuju mal akan ditutup pada pukul 22.00 WIB, menyesuaikan jam operasional mal.

"JPO ini sekaligus mengakomodir masyarakat di empat padukuhan yang ada di sekitar mal," tuturnya.

Terkait nama Ambaramarga, Khairul Anwar selaku Marketing Communication Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta Hotel menjelaskan bahwa nama tersebut memiliki arti jalan angkasa. "Ambara itu angkasa dan marga itu jalan," tuturnya.

JPO Ambaramarga adalah sebuah karya dan usaha yang dilakukan The Ambarrukmo bersama bantuan pemerintah untuk menyampaikan sebuah pesan singkat yang dibentuk dari tiga fondasi dasar yaitu develop, connect, dan safety.

Menurutnya, The Ambarrukmo sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Jogja dalam memberikan hiburan, pilihan berbelanja, serta pengalaman menginap berkesan dibalut dalam keindahan kearifan lokal dengan tradisi Kraton Jogja.