PMI Gunungkidul Mampu Penuhi Stok Darah

Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah
18 September 2019 20:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—PMI Gunungkidul mampu memenuhi kebutuhan darah tanpa harus bekerjasama dengan PMI Kota Jogja. Hal ini menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat di Gunungkidul untuk mendonorkan darah terus meningkat.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo, menuturkan kebutuhan darah di Gunungkidul selama sebulan rata-rata mencapai 600 sampai 650 kantong. Tercapainya kebutuhan darah tanpa harus mengambil stok darah dari wilayah lain merupakan hasil sosialisasi donor darah yang terus digaungkan. "Kami sosialisasikan tentang donor darah kepada masyarakat umum, pegawai di instansi pemerintahan, swasta, serta lembaga," ujarnya, Selasa (18/9/2019).

Iswandoyo mengatakan jajarannya juga banyak menggelar kegiatan donor darah di berbagai acara hingga lingkup desa. Dengan meningkatnya kebutuhan darah, dia meminta konsistensi dari pendonor agar terus mendonorkan darah secara rutin. “Manfaatnya sangat banyak, di samping mereka akan tau kondisi kesehatannya juga darah yang ada dalam tubuh akan selalu baru,” katanya.