#GejayanMemanggil Jilid II: Beredar Video Siswa Tolak Ikut Demo

Sejumlah siswa dalam video pernyataan tidak melakukan aksi demo. - Ist/Repro.
30 September 2019 12:47 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Beredar dua video dari sejumlah siswa yang berasal dari dua sekolah berbeda, yang berisikan pernyataan penolakan untuk ikut dalam aksi demonstrasi di Jogja, pada Senin (30/9/2019). Beredarnya video itu bersamaan dengan akan digelarnya aksi #GejayanMemanggil.

"Kami siswa-siswi SMA Negeri 10 Yogyakarta, menyatakan tidak akan ikut demo pada 30 September 2019, karena kami ingin fokus belajar," ujar anak-anak berseragam olahraga, berlatar belakang tembok bertuliskan SMA N 10 Yogyakarta, dalam salah satu video.

Sementara itu, dalam video lainnya, siswa yang berbeda asal sekolah, serentak mengungkapkan "Kami siswa-siswi SMA N 2 Playen menolak berbagai unjuk rasa dalam bentuk apapun," tutur anak-anak, yang di dalam video berseragam atasan batik dan rok abu-abu itu.

Kepala SMA N 10 Jogja, Basuki membenarkan, salah satu video berlatar belakang tembok bertuliskan SMA N 10 Yogyakarta, adalah benar merupakan siswa-siswi sekolah yang ia pimpin.

"Video itu direkam beberapa waktu lalu, saya tidak ingat pasti, tapi sebelum hari Jumat [27/9]. Video direkam bersama jajaran Polsek Gondomanan, sebelumnya siswa ditanya perihal pendapat mereka tentang ajakan aksi yang muncul," kata dia.