Amankan Demo, Polda DIY Kedepankan Sikap Humanis

Polisi mendapatkan arahan di Polda DIY sebelum mengamankan aksi GejayanMemanggil, Senin (30/9/2019). - Ist/Polda DIY.
30 September 2019 12:17 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Polda DIY mengedepankan sikap humanis dalam mengamankan aksi #GejayanMemanggil jilid II yang digelar, Senin (30/9/2019). 

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto menyatakan pihaknya sudah memberikan arahan kepada petugas keamanan untuk mengedepankan sikap humanis dalam menangani pendemo. Hal itu dilakukan agar berbagai bentuk kericuhan seperti di kota lain tidak terjadi di Indonesia.

"Saya berikan arahan kepada petugas yang melaksanakan pengamanan di lapangan, untuk mengedepankan sikap humanis kepada siapa saja, tidak hanya kepada peserta aksi, namun juga kepada para jurnalis yang sedang melaksanakan tugasnya," terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (30/9/2019).

Pihaknya berkoordinasi dengan para pimpinan redaksi media di Jogja untuk membekali para jurnalisnya dengan identitas yang mudah terlihat dan dikenali oleh petugas di lapangan.

"Kami akan berkoordinasi dengan para pimpinan media untuk membekali para jurnalisnya dengan identitas yang mudah terlihat," katanya.

Sebelumnya Karo Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, menyesalkan terjadinya peristiwa kericuhan demonstrasi termasuk adanya tindak kekerasan terhadap jurnalis di lapangan. "Kami langsung komunikasi. Secara pribadi, saya menyesalkan kejadian tersebut, dan saya perintahkan Kabid Humas menemui yang bersangkutan dan meminta maaf,” ujarnya.