Advertisement

Jokowi Bakal Dilantik, Ini Pesan Rektor UGM

Rahmat Jiwandono
Selasa, 15 Oktober 2019 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Jokowi Bakal Dilantik, Ini Pesan Rektor UGM Rektor UGM Panut Mulyono - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN-- Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono, menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih pada Pilpres 2019 lalu bakal menghadapi sejumlah tantangan pada periode kedua kepemimpinannya. Jokowi bakal dilantik lima hari lagi, tepatnya pada Minggu (20/10/2019) mendatang.

Panut Mulyono menyatakan Joko Widodo yang merupakan alumni UGM adalah Presiden pilihan rakyat Indonesia. Dia berharap agar pelantikan bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguan.

Advertisement

"Harapan kita semua sebagai masyarakat Indonesia tentu pelantikan Presiden berjalan aman," katanya, Selasa (15/10/2019).

Menurut Panut, dalam masa lima tahun pemerintahan Jokowi ke depan akan banyak tantangan yang dihadapi. Terutama mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Dia mengatakan pemerintah perlu memiliki program yang bisa membuat SDM Indonesia berdaya saing tinggi. Sumber daya manusia Indonesia perlu menguasai teknologi, pengetahuan dan seni yang tinggi.

"Karena yang bisa memenangi kompetisi di era saat ini adalah mereka yang kreatif serta punya terobosan-terobosan dalam semua bidang," kata dia.

Indonesia mempunyai itu semua, namun demikian tinggal bagaimana pemerintah memformulasikan kekuatan-kekuatan yang ada, agar bisa bersinergi bersama-sama menjadi negara yang maju. Di sisi lain, permalasahan ekonomi dan juga lapangan kerja harus diperhatikan, lantaran saat ini banyak angkatan kerja yang masih menganggur.

"Angkatan kerja itu banyak sekali, sehingga angkatan kerja juga harus bisa memperoleh pekerjaan. Tidak boleh banyak pengangguran di negeri ini, karena ketika banyak pengangguran, itu menjadi sumber persoalan," ungkapnya.

Ia menambahkan salah satu upaya menyediakan lapangan pekerjaan ke depan pemerintahan Joko Widodo perlu mendukung industrialisasi supaya bisa tumbuh dengan baik. Pemerintah kata dia perlu memberi kemudahan bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

"Perekonomian kita akan tumbuh ketika banyak investasi yang masuk ke Indonesia. Artinya, Indonesia harus memberi ruang untuk kemudahan berinvestasi," jelas Panut. Ia juga berharap Jokowi menjadi pemimpin yang amanah di periode kedua pemerintahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement