Kuliah Tamu STTA Bahas Materials Science and Engineering

Kuliah tamu yang digelar di Ruang Adisutjipto, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA), beberapa waktu lalu. - Ist/STTA
02 November 2019 02:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) menggelar kuliah tamu pada 25 Oktober lalu untuk meningkatkan wawasan dan mendukung kegiatan belajar mengajar di kampus tersebut.

Kuliah tamu mengahadirkan pemateri ternama baik tingkat nasional maupun internasional. “Kuliah tamu menjadi salah satu alternatif dalam menambah wawasan pengetahuan sumber daya manusia [SDM] baik dosen maupun mahasiswa sebagaimana yang dilakukan oleh Bagian Kerja Sama dan Alumni STTA,” kata Pejabat Humas STTA, F. Terry Kartika P melalui rilis, Jumat (1/11/2019).

Kegiatan yang bertempat di Ruang Adisutjipto ini menghadirkan Prof Ing Song Yu dari Department Material Science and Engineering of National Dong Hwa University (NDHU), Taiwan, sebagai pembicara. Rombongan NDHU disambut langsung oleh Ketua STTA, Marsda TNI (Purn) T. Ken Darmastono, para wakil ketua dan para Kaprodi. Acara Kuliah Tamu ini terbuka bagi mahasiswa dari seluruh departemen di STTA.

Dalam acara ini, selain memperkenalkan NDHU kepada para mahasiswa STTA juga menjelaskan garis besar bidang studi dari Materials Science and Engineering (MSE) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bidang materials science and engineering mempelajari bahan dan keuntungan sebuah materi, yang sering digunakan di industri, seperti logam, plastik, tekstil, karet, gelas dan komposit. Para materials engineer dapat terlibat dalam forensic engineering yang seringkali berurusan dengan penyebab teknis dari kegagalan sebuah produk.

Lantaran merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan demi menghindari tuntutan akan kasus kegagalan produk, material engineer menjadi salah satu profesi yang banyak dicari.

Dikatakannya pula, diharapkan dengan adanya perkenalan dari Prof Ing Song Yu dalam kuliah tamu, akan ada mahasiswa ataupun dosen STTA yang berminat melanjutkan pendidikan S2 maupun S3 di NDHU.