Latih Kesiapan dan Kewaspadaan Karyawan terhadap Bencana, PLN UIP JBT II Lakukan Simulasi Tanggap Darurat Bencana

Karyawan PLN latihan tanggap bencana gempa bumi. - Ist
08 November 2019 16:57 WIB media digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Pada Jumat (8/11/2019) pukul 09:00 WIB terjadi gempa bumi di Kota Jogja. Alarm tanda bahaya di kantor PLN UIP JBT II di jalan Mangkubumi berbunyi nyaring, gedung kantor mengalami kerusakan bangunan dan terjadi kebakaran. Karyawan yang tengah bekerja langsung mendapat instruksi untuk berlindung dikolong meja dan melindungi kepala dengan benda yang ada di sekitarnya.

Setelah situasi gempa sudah reda dan kondisi dirasa aman maka seluruh karyawan mulai keluar ruangan melalui petunjuk jalur evakuasi yang sudah ditentukan dan diarahkan oleh regu evakuasi yang kemudian juga melaporkan dan berkoordinasi lebih lanjut dengan Ketua Tanggap Darurat. Ketua Tanggap Darurat selanjutnya memanggil regu keamanan tim evakuasi, regu penyelamat dokumen, regu pemadam kebakaran dan regu kominfo untuk brefing, dan meberikan instruksi kepada masing-masing regu.

Regu keamanan mengisolasi keluar masuk gedung menggunakan police line dan penjagaan anggota keamanan, tim evakuasi memastikan keamanan diri sendiri dan melakukan penyisiran karyawan atau tamu yang terjebak, regu penyelamat dokumen untuk memastikan keamanan diri sendiri dan melakukan penyelamatan dokumen penting ke lokasi yang telah ditentukan, regu pemadam kebakaran memastikan keamanan diri sendiri dan melakukan penanganan titik api, dan regu Kominfo berkoordinasi dan meminta bantuan BPBD serta memonitor perkembangan informasi dari setiap regu

Dalam waktu singkat petugas BPBD telah datang ke lokasi dan berkoordinasi dengan Ketua/Wakil Ketua Tim Tanggap Darurat dan regu keamanan untuk menindak lanjuti operasi pertolongan. Petugas BPBD melakukan penyisiran pada lantai tiga yang karena kondisi kerusakan perlu dilakukan oleh tim BPBD.

Korban luka yang terjebak di lantai tersebut  dievakuasi petugas dan dibawa ketitik kumpul utk di triage dan korban luka mendapatkan penanganan awal dan selanjutnya dimasukkan ambulan untuk dibawa kerumah sakit. Setelah semua tindakan penyelamatan dilakukan dan gedung dinyatakan aman dari gempa dan api kebakaran,

Ketua/Wakil tim tanggap darurat memerintahkan tim evakuasi dibantu personel regu lain melakukan pengecekan ke seluruh ruangan untuk memastikan semuanya aman kembali

Begitulah gambaran sekilas tentang situasi dari simulasi tanggap darurat bencana yang diselenggarakan di kantor PLN UIP JBT II pada hari ini. Simulasi tanggap darurat bencana ini merupakan salah satu agenda PLN UIP JBT II untuk melatih kesiapan dan kewaspadaan seluruh karyawan yang ada di lingkungan kantor induk PLN UIP JBT II apabila sewaktu- waktu terjadi kajadian bencana gempa bumi.

Manager Sub Bidang Umum , Binsar Effendi, yang juga turut mengikuti kegiatan ini menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan agar seluruh karyawan memiliki bekal pengetahuan dan persiapan apabila terjadi suatu bencana yang sesungguhnya.

“Harapan kita, agar seluruh karyawan siap dan bisa mengatisipasi keadaan apabila terjadi bencana yang sesungguhnya. Seluruh pegawai jadi tahu langkah-langkah evakuasi untuk menyelamatkan diri,," katanya dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (8/11/2019). 

Sekitar pukul 10:00 WIB seluruh kegiatan simulasi dinyatakan telah selesai dilaksanakan dengan baik dan lancar. Ketua Tim Tanggap Darurat mengucapkan terima kasih dan menutup rangkaian acara simulasi. Seluruh karyawan kembali menjalankan aktivitas pekerjaannya semula.