Disbud Gunungkidul Gelar Lomba Sesorah Tingkat SMA

Seorang siswa saat mengikuti Lomba Sesorah tingkat SMA sederajat yang digelar di Balai Desa Baleharjo, Kecamatan Senin (11/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
12 November 2019 06:37 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul menggelar Lomba Sesorah untuk siswa SMA sederajat di Balai Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Senin (11/11). Kegiatan yang dilaksanakan Senin-Selasa (11-12/11/2019) diikuti sebanyak 49 peserta dari puluhan SMA sederajat yang tersebar di Gunungkidul.

Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Gunungkidul, Sigit Pramudianto, menjelaskan sesorah merupakan pidato menggunakan bahasa Jawa. Ia mengungkapkan lomba digelar dengan tujuan meningkatkan minat berbahasa Jawa di kalangan anak-anak.

"Saat ini banyak generasi muda meninggalkan bahasa Jawa, hal itulah yang mendorong kami menggelar kegiatan ini," kata Sigit saat ditemui Harian Jogja, Senin (11/11/2019).

Salah seorang siswa SMK Muhammadiyah Wonosari, Naila Nur Hidayah, mengapresiasi langkah Disbud Gunungkidul yang menggelar lomba sesorah. Menurutnya, lomba pidato berbahasa jawa ini mampu meningkatkan kemampuan bahasa Jawa bagi para peserta. "Kegiatan ini bagus untuk nguri-uri kebudayaan salah satunya bahasa Jawa," kata dia.