Advertisement

Disbud Gunungkidul Gelar Lomba Sesorah Tingkat SMA

Muhammad Nadhir Attamimi
Selasa, 12 November 2019 - 06:37 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Disbud Gunungkidul Gelar Lomba Sesorah Tingkat SMA Seorang siswa saat mengikuti Lomba Sesorah tingkat SMA sederajat yang digelar di Balai Desa Baleharjo, Kecamatan Senin (11/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul menggelar Lomba Sesorah untuk siswa SMA sederajat di Balai Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, Senin (11/11). Kegiatan yang dilaksanakan Senin-Selasa (11-12/11/2019) diikuti sebanyak 49 peserta dari puluhan SMA sederajat yang tersebar di Gunungkidul.

Kabid Sejarah Bahasa dan Sastra Disbud Gunungkidul, Sigit Pramudianto, menjelaskan sesorah merupakan pidato menggunakan bahasa Jawa. Ia mengungkapkan lomba digelar dengan tujuan meningkatkan minat berbahasa Jawa di kalangan anak-anak.

Advertisement

"Saat ini banyak generasi muda meninggalkan bahasa Jawa, hal itulah yang mendorong kami menggelar kegiatan ini," kata Sigit saat ditemui Harian Jogja, Senin (11/11/2019).

Salah seorang siswa SMK Muhammadiyah Wonosari, Naila Nur Hidayah, mengapresiasi langkah Disbud Gunungkidul yang menggelar lomba sesorah. Menurutnya, lomba pidato berbahasa jawa ini mampu meningkatkan kemampuan bahasa Jawa bagi para peserta. "Kegiatan ini bagus untuk nguri-uri kebudayaan salah satunya bahasa Jawa," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement