1.300 Lebih Pendaftar CPNS Pemda DIY Tak Lolos Verifikasi

Ilustrasi seleksi CPNS. - JIBI/Solopos/Dok
24 November 2019 22:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Jumlah pendaftar yang tidak lolos verifikasi administrasi pada penerimaan CPNS Pemda DIY mencapai 1.303 hingga Minggu (24/11/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY Agus Supriyanto mengatakan pendaftar yang sudah mengisi formulir hingga Minggu siang tercatat 8.922 orang. Pendaftar yang sudah melakukan submit sebanyak 6.172. BKD terus memverifikasi kelengkapan berkas. Hasilnya 3.011 pendaftar telah lolos verifikasi dan memenuhi syarat kelengkapan administrasi. Sementara, 1.303 pendaftar yang sudah diverifikasi tidak memenuhi syarat. Hingga Minggu siang, sebanyak 1.858 pendaftar masih dalam proses verifikasi.

“Data itu per jam 12.45 [WIB], tidak terjadi down, [server] masih relatif normal ,” kata Agus.

Sebelumnya Pemda DIY memperpanjang pendaftaran CPNS 2019 selama dua hari hingga Selasa (25/11). Calon peserta seleksi yang belum memenuhi persyaratan diimbau memanfaatkan waktu tersebut untuk melengkapi berkas. Pengumuman perpanjangan pendaftaran online itu disampaikan melalui surat nomor 810/075454 tentang perpanjangan pendaftaran CPNS Pemda DIY formasi 2019 yang ditandatangani Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji tertanggal 23 November 2019.

Agus mengatakan pendaftar dari kalangan penyandang disabilitas tidak dibatasi. Mereka diberi kebebasan mendaftar di formasi mana saja.

“Jadi kami sejak awal berusaha, memberikan hak yang sama bagi penyandang disabilitas dan kami menyampaikan langsung ke Pemerintah Pusat, kemudian Kementerian PAN & RB mengeluarkan surat soal itu [hak penyandang disabilitas] itu atas dasar masukan kami,” ucapnya.

Agus mengimbau kepada seluruh pendaftar tidak percaya dengan pihak mana pun yang mengaku bisa meloloskan seleksi CPNS. “Jadi jangan percaya kalau ada yang menyampaikan bisa meloloskan embel-embel kasih uang, enggak ada,” ujarnya.