UMY Raih Bintang Tiga Kluster Mandiri Kategori Penelitian dan Kluster Unggul Kategori Pengabdian

Penyerahan dana stimulan program peningkatan kapasitas guru dan sarana belajar SD Muhammadiyah Tilu oleh LP3M UMY. - Istimewa
25 November 2019 16:47 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu misi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) adalah menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan masyarakat secara profesional. Linier dengan salah satu misinya, UMY kembali menorehkan prestasi bintang tiga di Kluster Mandiri pada kategori penelitian, dan Kluster Unggul pada kategori pengabdian. Hal tersebut membuktikan bahwa UMY kembali dapat membuktikan prestasi-prestasinya di kancah nasional.

Klusterisasi yang dimaksud berdasarkan pada hasil Penilaian Kinerja Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional Tahun 2019.

Ditemui di ruang kerjanya, Rektor UMY Gunawan Budiyanto memberikan penjelasan terkait diraihnya prestasi UMY pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. “Kita patut mensyukuri bahwa kinerja-kinerja UMY terus meningkat dari tahun ke tahun. Salah satunya dibuktikan dengan diraihnya prestasi pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2019. Capaian ini sesuai dengan tridharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2016 UMY berhasil masuk di kluster utama kategori penelitian, dan mengalami peningkatan. Pada tahun ini UMY berhasil masuk pada kluster mandiri,” jelas Gunawan pada Jumat (22/11/2019)

Ia juga menambahkan bahwa tingkatan dari kluster penilaian kinerja penelitian perguruan tinggi dari yang terendah adalah kluster binaan, madya, utama, dan mandiri. “Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja penelitian yang dilakukan UMY di samping kuantitasnya yang bertambah, kualitasnya juga terus meningkat,” tambahnya

Selaku Rektor UMY, Gunawan juga berharap bahwa output produk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat meningkat,  serta outcome penelitian yang dihasilkan oleh civitas akademika UMY semakin banyak yang bisa dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional.

Senada dengan Gunawan, Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Sukamta, mengatakan bahwa laporan Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi yang diraih UMY berdasarkan penilaian pada tahun 2016-2018.

“Pelaksanaan analisis kinerja penelitian yang dilakukan Ristekdikti didasarkan pada pengisian data oleh Perguruan Tinggi secara online melalui Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Simlitabmas). Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Ristekdikti, di periode ke 4 ini, sebanyak 1977 Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Ristekdikti telah berpartisipasi menyampaikan data kinerja penelitian yang terdiri dari 115 PTN dan 1807 PTS,” jelas Sukamta saat ditemui tim Jurnalis Biro Humas dan Protokol  UMY

“UMY merupakan salah satu universitas mandiri kategori penelitian yang ditandai dengan nilai komponen penilaian di atas nilai rata-rata nasional. UMY menempati rangking ke 34 dan mendapatkan bintang emas dengan jumlah tiga diantara 1977 Universitas di Indonesia. Dapat dikatakan juga, UMY meraih urutan ke 2 PTS di DIY dan urutan ke 2 PTM di Indonesia,” tambahnya.

Adhianty Nurjanah, Kepala Divisi Pengabdian dan Pelayanan Lembaga Penelitian, Publikasi, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) menambahkan terkait perolehan kluster unggul pada bidang Pengabdian kepada masyarakat.

“Klusterisasi yang diraih berdasarkan pada hasil penelitian kinerja pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi dan surat keputusan Dirjen Penguatan Risbang nomor 29/E/KPT/2019 pada (27/9). UMY berada di peringkat 19 mengungguli peringkat kinerja pengabdian kepada masyarakat diantara PTS dan PTN. UMY berhasil naik dua tingkat dibandingkan tahun lalu yang berada pada kluster memuaskan,” jelas Adhianty.

Ia menegaskan jika prestasi kinerja pengabdian ini membuktikan bahwa kinerja pengabdian kepada masyarakat UMY sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan DIKTI, yang berdasarkan Aspek Sumberdaya Manusia (SDM), Pengabdian, Manajemen Pengelolaan Pengabdian, serta Aspek Luaran Pengabdian Masyarakat.

“Animo dosen UMY yang mengikuti pengabdian kepada masyarakat meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ini UMY menambah satu skema pengabdian masyarakat internal, yaitu skema pengabdian kepada masyarakat berbasis persyarikatan Muhammadiyah yang menjadi ciri khas pengabdian UMY,” tutupnya. (*)