Perahu Dihantam Ombak, 1 Nelayan dan Anaknya Hilang

Tim SAR Gunungkidul mencari dua nelayan yang hilang, selasa (26/11/2019) - istimewa
26 November 2019 21:07 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kecelakaan laut terjadi di sebelah timur Pantai Watu Lumbung, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Selasa (26/11/2019). Sebuah perahu jongkong yang ditumpangi tiga orang nelayan terbalik diterjang gelombang, sekitar pukul 11.30 WIB.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah Operasi 1 Gunungkidul, Sunu Handoko Bayu Segara, menyatakan kecelakaan laut terjadi saat ketiga nelayan masing-masing Gusaji, 50, warga asal Malang, Jawa Timur; Pujiono, 40, dan Deni Setiawan, 13, bapak dan anak warga Dusun Nglaban, Desa Jepitu, Girisubo, menebar jaring di kawasan Pantai Watu Lumbung. Saat tengah menebar jaring, ombak besar datang dan menerjang perahu. "Perahu langsung terbalik dan ketiga korban terlempar ke laut," kata Sunu.

Korban Gusaji, menurut Sunu, berhasil meraih perahu yang terbalik dan bertahan di atas perahu. Sementara Pujiono berusaha menyelamatkan anaknya. "Keduanya terombang-ambing dan akhirnya tenggelam," ujarnya. Gusaji menyelamatkan diri dengan berenang ke pantai, dan ditolong oleh nelayan lainnya.

Sunu menjelaskan jajarannya terus berupaya mencari Pujiono dan anaknya. Namun hingga 17.30 WIB, keduanya belum ditemukan. “"Hingga pukul 17.30 WIB belum ada tanda-tanda apapun, pencarian dilanjut besok [Rabu]," kata dia.